news

09 Feb 2016

Jaguar Land Rover dan Bosch Kembangkan Mobil Otonom yang Manusiawi

Jaguar Land Rover dan Bosch Kembangkan Mobil Otonom yang Manusiawi

Jaguar Land Rover dan Bosch Kembangkan Mobil Otonom yang Manusiawi

Whitley, Inggris -Merek mobil sport mewah, Jaguar Land Rover ingin mengembangkan mobil otonom lebih manusiawi. Tak hanya sekadar mengaplikasikan teknologi, mobil tanpa awak sopir yang tengah dikembangkan produsen mobil asal Inggris itu dapat dioperasikan layaknya dikendalikan manusia.

Jaguar menggandeng Robert Bosch Group untuk mengembangkan sistem pada mobil otonom. Untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam pengembangan, Jaguar juga bekerja sama dengan perusahaan riset asal Inggris, Transport Research Laboratory, The London Borough of Greenwich, The Floow, dan perusahaan asuransi Direct Line.

Untuk menguji coba mobil otonom tersebut, dipasang sensor pada mobil Jaguar dan Land Rover tersebut untuk mendapatkan informasi terkait perilaku mengemudi. Selain itu, lewat uji coba melalui sensor yang dipasang didapat informasi seperti situasi mengemudi saat macet, konstruksi jalan, dan cuaca yang buruk.

Direktur Penelitian dan Teknologi Jaguar Land Rover, Wolfgang Epple mengatakan konsumen lebih menerima mobil otonom yang serupa dengan dikendalikan oleh manusia daripada yang terlalu menyerupai robot.

"Konsumen lebih dapat menerima kendaraan yang sepenuhnya otomatis dan otonom jika mobil dapat bereaksi sama seperti sopir," ujar Wolfgang Epple.

"Dengan memahami dan mengukur perilaku berkendara yang positif kami dapat meyakinkan bahwa mobil otonom Jaguar atau Land Rover di masa depan tidak hanya melakukan fungsi robot," lanjutnya.

Nilai investasi yang dikucurkan Jaguar dan Land Rover untuk pengembangan mobil otonom bersama Robert Bosch Group mencapai US$ 7,93 juta atau sekitar Rp 108 miliar.


Latest News