news

25 Apr 2020

Jenis Modifikasi Para Loyalis Suzuki Jimny Generasi Keempat

Jenis Modifikasi Para Loyalis Suzuki Jimny Generasi Keempat

Ilustrasi Suzuki Jimny bekas

Suzuki Jimny merupakan SUV yang sangat digemari dalam beberapa waktu terakhir. Antrean inden yang mengular tahunan dan harga bekas yang melambung ke angka Rp 500 jutaan, jadi bukti mobil ini begitu ditunggu para pecintanya. Loyalis Jimny yang sudah mendapatkan kiriman unit, pasti sudah tidak sabar untuk mengopreknya. Ada yang memodifikasi dengan konsep minimalis, tak jarang ada yang sampai merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah. Julian Johan alias Jeje, Founder Komunitas JB74.ID yang juga Pebalap Offroad Nasional, mengatakan, walaupun populasi Jimny belum terlalu banyak, pemiliknya sudah banyak yang memodifikasi mobilnya.

Ilustrasi ban A/T lansiran BF Goodrich

“Populasi secara menyeluruh kami belum ada datanya, tapi yang sudah terdaftar di komunitas sudah ada ratusan unit,” ucap Jeje.. Menurutnya, modifikasi yang umum dilakukan loyalis Jimny adalah mengganti bagian kaki-kaki. Mulai dari ban, pelek, hingga suspensinya. Selain itu, tak jarang konsumen Jimny juga menambah aksesoris tambahan berupa lampu sorot dan pernak-pernik offroad lainnya.

Ilustrasi modifikasi mobil offroad

“Sejauh ini orang-orang ganti ban A/T (All-Terrain) atau M/T (Mud-Terrain), itu kalau produk lokal satu set paling sekitar Rp 5 jutaan, kalau yang merek Amerika bisa sampai Rp 20 jutaan,” ujar Jeje. “Harga pelek Jimny bervariasi, biasanya di kisaran Rp 15 jutaan sampai Rp 20 jutaan. Kalau lampu sorot juga tergantung mereknya, sekitar Rp 5 jutaan hingga Rp 10 jutaan,” katanya. Sementara untuk aksesoris offroad yang lebih serius, seperti penggunaan winch, rollbar, traction mat, maupun keperluan untuk berpetualang lainnya belum banyak dipilih loyalis Jimny. “Owner Jimny baru kebanyakan bukan pemain off-road, bukan pemilik mobil 4x4 juga sebelumnya. Jadi mereka lebih sering jalan di perkotaan, modifikasinya kebanyakan ada di sekitar tampilan,” ucap Jeje.


Latest News