news

08 Mar 2016

Kejar Euro IV, Toyota Siap Bantu Pemerintah

Kejar Euro IV, Toyota Siap Bantu Pemerintah

 

Tahun ini, regulasi mengenai standar emisi gas buang Euro IV telah  disepakati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Saat ini, Indonesia masih menggunakan Euro II, sebagai acuan standar batas emisi kendaraan roda empat.

Kalau dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand, Indonesia sudah jauh tertinggal. Ini seperti yang disampaikan Dasrul Chaniago, Direktur Pengelolaan Udara KLHK, saat ditemu KompasOtomotif dalam acara diskusi di Fakultas Ekonomi Universitas Indoensia, Depok, Sabtu (5/3/2016).

Menanggapi perihal tersebut, Warih Andang  Tjahjono, Vice President Director Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, pihaknya siap untuk membantu kebijakan pemerintah tersebut. Terkait dengan Euro empat sendiri, TMMIN juga sudah sangat familiar dengan mesin beremisi Euro IV  dan V.

“Toyota siap membantu pemerintah. Kai juga sudah mengekspor mesin, yang sudah punya standar emisi Euro IV dan Euro V,” ujar Warih menjawab KompasOtomotif, Senin (7/3/2016).

Nantinya, jika peraturan Euro IV jadi ditandatangani tahun ini, seperti yang disampaikan Dasrul, akan berlaku mulai 2018. Standar emisi Euro IV akan berlaku untuk kategori mobil baru (new product). Sementara untuk kendaraan yang sedang berjalan teknologinya saat ini (current product), bisa menyusul ikut pada 2020.


Latest News