news

29 Feb 2016

Kenapa Tidak Ada Mesin Bensin V6 di All New Pajero, Mitsubishi?

Kenapa Tidak Ada Mesin Bensin V6 di All New Pajero, Mitsubishi?

Kenapa Tidak Ada Mesin Bensin V6 di All New Pajero, Mitsubishi?

Sebelum ada generasi baru, Mitsubishi memiliki line up mobil bermesin bensin V6 di Pajero Sport. Tetapi saat ini semua Pajero Sport menggunakan mesin diesel.

Pertanyaan besar timbul saat All New Pajero Sport meluncur di Indonesia, kenapa tidak menawarkan mesin V6 bensin?

Rupanya Mitsubishi pun sudah memikirkan hal tersebut, meski banyak yang harus dipertimbangkan. Seperti yang disampaikan Group Head of MMC sales Group, MMC Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Imam Choeru Cahya, di Jakarta.

Kilas balik sejenak, Pajero Sport pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2009 dengan tiga varian andalannya di kelas SUV 4x2 dan 4x4: Exceed, GLS dan GLX dengan mesin diesel.

Pada tahun 2011, diperkenalkanlah varian baru Pajero Sport Dakar dengan mesin 2.5-liter DI-D Commonrail with Variable Geometry Turbo (VGT) yang lebih bertenaga, handal namun tetap efisien bahan bakar.

Kemudian pada tahun 2013, dilakukan refreshment total dari seluruh varian dengan 9 perubahan di eksterior dan interior, memberikan tampilan yang semakin sportif, dinamis dan agresif.

Dan tahun 2014, Mitsubishi meluncurkan New Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220PS, saat itu mobil merupakan yang terbesar tenaganya di kelasnya.

Namun kini hanya ada 2 pilihan mesin diesel saja, yakni mesin 4N15 MIVEC berkapasitas 2.400 cc dengan tenaga 181 ps dan mesin 4D56 berkapasitas 2.500 cc dengan tenaga 136 ps. Kapasitas mesinnya dengan demikian dikurangi dari generasi sebelumnya.

"Kami masih pelajari, kalau pasarnya memungkinkan dan kalau hitung-hitungannya masuk. Mesin V6 bisa saja dipasarkan di Indonesia. Tidak hanya V6, GLS juga (tengah dipikirkan-Red)," kata Imam.

"Tapi balik lagi, kami pelajari dahulu pasarnya," tambah Imam.

Sementara di per 24 Februari lalu, pemesanan All New Pajero Sport untuk wilayah Jabodetabek hingga hari ini mencapai 1.800 unit, sementara untuk nasional menembus angka 4.182 unit sejak daftar inden dibuka pasca peluncuran All New Pajero Sport akhir Januari 2016.


Latest News