news

20 Jan 2016

Ketahuan, Toyota Sienta Sudah Dites di Indonesia

Ketahuan, Toyota Sienta Sudah Dites di Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif — Kabar MPV asal Jepang Toyota Sienta mau diproduksi dan dijual di Indonesia kini semakin valid. Sosok model dengan pintu geser itu tertangkap kamera biker bernama Yanuar saat sedang melintas di kawasan Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, pekan lalu.

Yanuar Bagian belakang Toyota Sienta yang terekam kamera sedang diuji di kawasan Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (14/1/2016).

Yanuar menceritakan kepada KompasOtomotif, Selasa (19/1/2016), awalnya ia melihat iring-iringan tiga mobil berwarna hitam. Dua unit, di depan dan belakang, bisa dengan mudah diidentifikasi, yaitu Nissan Grand Livina dan Suzuki Ertiga. Namun, yang berada di tengah sulit ditebak.

"Bonnet-nya itu aneh. Saya seperti pernah lihat, tetapi mikirnya ah saya ga tertarik apa-apa. Akhirnya saya (jalan) duluan. Terus, sudah agak jauh kok penasaran, akhirnya berhenti di warung kopi sambil nunggu rombongan itu lewat. Saya siapkan kamera," papar Yanuar.

Toyota Toyota Sienta.

Rekaman video berdurasi 15 detik berhasil diambil pada Kamis (14/1/2016). Yanuar sempat melaporkan temuannya ke Kobayogas.com lantas disiarkan pada hari yang sama.

 

Yanuar Toyota Sienta terekam kamera sedang diuji di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (14/1/2016).

Sienta

Pada mobil yang di tengah, terlihat ada usaha menutupi rel pintu geser di sisi belakang bodi. Meski begitu, bentuk pintu tengah yang tinggi sampai ke pinggiran atap masih terlihat jelas.

Satu hal itu bisa menunjukkan kepastian bahwa model ini adalah Sienta. Ciri khas lain, kendati samar-samar, ada lampu depan, pelek, gril, dan jalur masuk udara pada bemper, mirip dengan model yang hingga sekarang masih berstatus Japanese domestic market (JDM) itu.

April

Kabar terakhir dari sumber Toyota Indonesia, produksi Sienta yang dilakukan oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia di pabrik Karawang II, Jawa Barat, dipercepat dari rencana awal pada semester kedua, menjadi April.

Kapasitas produksi hingga tutup tahun 2016 sebanyak 25.000 unit, dan 20 persen dari itu ditujukan untuk ekspor. Indonesia akan menjadi negara kedua yang menjual dan memproduksi Sienta setelah Jepang. Indonesia juga didaulat jadi basis produksi penjualan Sienta ke Asia Tenggara.


Latest News