news

18 Feb 2016

Konsumen Daihatsu di Indonesia Itu Tipe Pemilih

Konsumen Daihatsu di Indonesia Itu Tipe Pemilih

Demi menentukan strategi penjualan yang pas, Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan salah satu faktor yang wajib terbaca, yaitu karakteristik konsumen. Menurut hasil penelitian yang dibeberkan ADM, ternyata pembeli mobil Daihatsu paling banyak berasal dari kelompok konsumen yang doyan membandingkan produk.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, mengatakan, pada dasarnya ada empat karakter konsumen di Indonesia, yakni expressionist, analis, realistis, dan follower. Masing-masing punya motif membeli mobil yang berbeda.

Menurut Amel, expressionist artinya konsumen merupakan pengambil keputusan sendiri dan mau menunjukkan eksistensinya. Pembeli kelompok ini jadi yang terbesar di Indonesia.

Sedangkan analis adalah jenis konsumen yang melakukan survei, mempelajari produk kemudian membandingkannya, sebelum membeli. Pembeli Daihatsu paling banyak asalnya dari kelompok ini.

Sedangkan realistis berarti konsumen sangat mengerti keuntungan beli produk dibanding harga. “Misalnya punya uang Rp 100 juta, ya sudah dapatnya apa, itu yang dibeli,” kata Amel.

Terakhir, follower adalah konsumen yang berani memutuskan beli bila sudah banyak orang yang beli alias ikut-ikutan.

“Di Indonesia kan paling banyak expressionist, tapi pembeli Daihatsu paling banyak analis. Artinya apa, orang ini sudah cek kalau yang ini produk kelebihannya apa dengan barang lain. Enggak peduli apa, pokoknya gue beli. Konsumen seperti ini cari best produk, best value, best service,” jelas Amel.

Pembeli Daihatsu golongan analis mencapai 39 persen, expressionist sebesar 31 persen, sisanya realistis dan follower.

Mengenal siapa konsumen membuat Daihatsu bergerak teratur untuk pendekatan. Kebutuhannya berbeda-beda, tetapi buat analis, Amel mengatakan perlu banyak diberikan pengetahuan produk karena biasanya lebih banyak bertanya.

Selain itu, Amel juga bilang, strategi ADM menawarkan banyak varian per model Daihatsu untuk memenuhi kebutuhan konsumen analis. Sekarang Ayla punya 12 varian, Xenia 11 varian, Terios tujuh varian, Gran Max enam varian, dan yang terbanyak pikap Gran Max 17 varian.

“Permainan” itu kesannya mengeksploitasi model, tetapi wajar saja karena ADM hanya menawarkan tujuh model. Semakin banyak jumlah varian berarti menambah pilihan, konsumen jadi lebih puas menyesuaikan pilihan dengan kemampuan beli.


Latest News