news

05 May 2015

Berita Sewa dan Rental Kendaraan

Konsumsi BBM Kia Picanto Sentuh 19,67 Km/Liter

Konsumsi BBM Kia Picanto Sentuh 19,67 Km/Liter

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 19/04/2015 15:20 WIB
 
Konsumsi BBM Kia Picanto Sentuh 19,67 Km/Liter
Sentul -Setelah diajak jalan dari Sunter menuju Sentul City, Bogor, adu irit mobil Kia Picanto yang bertajuk 'Picanto Gue Irit Lho!!!' akhirnya tuntas. Kini, pemenang lomba irit yang diikuti oleh anggota komunitas Picanto Club Indonesia (PiCA) sudah diumumkan.

Lomba irit yang bertajuk 'Picanto Gue Irit Lho!!!' ini telah menempuh jarak sekitar 62,2 km. Para peserta start dari KIA Sunter Garde, Jakarta menuju Jungle Land, Sentul City.

Untuk kategori transmisi manual, juara satu dipegang oleh Tommi Hernandi dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 19,67 km/l. Sementara juara dua dipegang oleh Benny dengan konsumsi 17,79 km/l dan juara tiga Kuswanto dengan konsumsi 16,39 km/l.

Sedangkan di kelas transmisi otomatis, juara 1 dimenangkan oleh Marthalina dengan catatan 17,88 km/l. Juara duanya dipegang Eka Chandra dengan raihan 16,8 persen dan juara tiga Yongki dengan catatan 15,71 km/l.

Hasil itu didapat dari hitungan dengan menggunakan metode full to full. Artinya, KIA Picanto yang dikendarai diisi BBM penuh sebelum berangkat dan diisi lagi kekurangannya setelah sampai di lokasi finish.

Direktur Marketing PT KIA Mobil Indonesia (KMI) Hartanto Sukmono mengatakan, perbedaan konsumsi terboros dan teririt di lomba ini terpaut jauh.

Untuk kelas transmisi manual, konsumsi terboros di lomba ini mencapai 11,28 km/liter sementara di kelas otomatis mencapai 10,04 km/l.

"Perbedaan paling boros dan paling irit sekitar 44 persen. Bayangkan untuk teman-teman dengan bensin yang boros tadi cara mengemudinya diubah sehingga menghasilkan konsumsi BBM yang lebih irit. Pengeluaran berkurang sebanyak 44 persen. Hampir separuhnya lho itu. Itu tergantung bagaimana cara kita mengemudi," beber Hartanto di Sentul City, Kab. Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/4/2015).

Para pemenang 'Picanto Gue Irit Lho!!!' dari perwakilan komunitas PiCA berkesempatan mendapatkan uang tunai jutaan rupiah.

Juara pertama berhak mendapatkan hadiah Rp 5 juta, juara dua Rp 3 juta dan juara ketiga Rp 1 juta untuk masing-masing kategori (transmisi otomatis dan manual). (rgr/ddn)

Latest News