news

10 Mar 2016

Korea Selatan Dukung Hyundai Genesis Dijadikan Mobil Otonom

Korea Selatan Dukung Hyundai Genesis Dijadikan Mobil Otonom

Korea Selatan Dukung Hyundai Genesis Dijadikan Mobil Otonom

Korea Selatan Dukung Hyundai Genesis Dijadikan Mobil Otonom

Seoul -Merek mobil mewah di bawah Hyundai, Genesis, siap menjadikan sedan mewahnya sebagai mobil otonom. Pemerintah Korea Selatan pun mendukung penuh untuk melahirkan mobil otonom nasional Korea Selatan pertama.

Seperti diberitakan Yonhapnews, Rabu (9/3/2016), sedan mewah Genesis nantinya bakal dilengkapi dengan sistem driving assist berteknologi canggih.

Pemerintah Korea Selatan pun mengeluarkan sebuah pelat nomor sementara untuk pengujian mobil otonom pertama dari Negeri Ginseng itu.

Korea Selatan mendorong pabrikan mobil nasionalnya agar tidak tertinggal dengan pesaing global. Sebab, beberapa pabrikan dari negara lainnya juga sudah mengembangkan dan menguji mobil otonom.

Untuk itu, mobil otonom Genesis dibolehkan diuji di jalanan umum sebanyak enam rute yang ditunjuk oleh Kementerian Transportasi Korea Selatan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya mengomersilkan kendaraan otonom dalam jangka panjang. Kementerian itu berencana memperluas rute nasional untuk pengujian mobil otonom dimulai pada semester kedua tahun ini.

"Kita semua akan bergandengan tangan untuk mengomersilkan kendaraan otonom," kata Menteri Transportasi, Kang Ho-in.

Prototipe mobil otonom Genesis bakal dilengkapi dengan perangkat khusus, termasuk GPS mutakhir, sensor berteknologi tinggi dan gadget lainnya. Perlengkapan itu bertujuan agar mobil otonom tetap berada dalam jalurnya dan menjaga jarak aman dari mobil di depan.

Meski begitu, selama pengujian, setidaknya dua orang tetap harus berada di dalam mobil. Dengan begitu, pada kondisi tertentu modus otonom bisa dialihkan ke modus manual. (rgr/lth)

Latest News