news

28 Mar 2016

Mazda CX-3 Siap Lawan Honda HR-V 1.8 dan Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia

Mazda CX-3 Siap Lawan Honda HR-V 1.8 dan Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia

Mazda CX-3 siap lawan Honda HR-V 1.8 dan Mitsubishi Outlander Sport di Indonesia. Benarkah Mazda CX-3 masuk pasar Indonesia tahun ini?

Mazda CX3 (TO BE CONFIRM)

Mazda CX-3 adalah mobil jenis Compact SUV yang cukup ditunggu. Dimensi CX-3 memang lebih kecil dari CX-5. Dia masuk di kelas yang sama dengan Honda HR-V.

Bentuk bonnet dan gril meninggi khas Kodo Design membuatnya sealiran dengan produk-produk Mazda yang lain. Mazda mungkin bangga akan hal ini, namun tak salah juga jika ada yang beranggapan desain ini membosankan. Saat kemunculan Mazda CX-3 anggapan kemiripan desain dengan CX-5 yang dikecilkan juga sempat muncul.

Bodi luar CX-3 terlihat begitu identik CX-5. Mulai dari bumper depan, overfender, hingga pintu depan. Namun baru dari pintu belakang dan buritan jelas terlihat perbedaannya. Di CX-3, atap bagian belakang terlihat lebih landai. Garis desain lampu belakang dan buritan sangat mirip Mazda2 dengan postur yang lebih tinggi.

Masuk ke interior, nuansa yang ditawarkan CX-3 hampir sama seperti yang tersaji di Mazda2. Bukan saja dari bentuk, produk CBU. namun juga materialnya. Bahkan bentuk kenop dan lubang AC-nya sama. Layar monitor MZD Connect di tengah dasbor juga terlihat jelas. Termasuk tampilan dan fitur di lingkar kemudi serta panel instrumen dasbor.

Mazda CX-3 dikabarkan memiliki 2 varian mesin yakni mesin diesel dan mesin bensin. Namun menilik karakteristik pasar SUV di kelas ini di Indonesia, tampaknya mesin bensin lebih masuk akal.




OUR OPINION

Mazda CX-3 adalah ancaman serius bagi Honda HR-V dan Mitsubishi Outlander Sport. Desainnya kompak, dengan sederet fitur berkendara yang akan mem buat mobil ini fun to drive. Meski begitu, CX-3 mungkin masih akan terganjal harga jual yang tinggi karena seperti model Mazda lain ia merupakan produk CBU





Mazda VX-1 (CONFIRMED KUARTAL I)

Mazda VX-1 baru siap diluncurkan. Ia hadir sebagai penyegaran di segmen Compact MPV yang dijagokan oleh PT Mazda Motor Indonesia. Meski belum bisa dijelaskan secara detail seperti apakah perubahannya, tapi dipastikan kembaran Suzuki Ertiga ini akan hadir lebih awal bulan Februari 2016 untuk memanjakan konsumen setianya.

Di bagian luar, tampilan Suzuki Ertiga yang menjadi basisnya dibuat semakin elegan dengan kehadiran lips spoiler di bumper depan-belakang dan roof spoiler. Jujur saja, tampilannya memang menjadi lebih gagah dan mewah. Kehadiran emblem Mazda juga melengkapi aura positif, karena citra Mazda memang terasa lebih mahal.

Masuk ke dalam kabin, langkah Mazda memberi jok kulit serta panel kayu menghadirkan perbedaan yang cukup drastis. Suasana kabin menjadi lebih cerah dan mewah. Apalagi bila dibanding Ertiga yang menggunakan bahan jok kasar. Sedangkan lainnya dibiarkan sama.

Meski begitu ada sedikit perbedaan dari luar menyangkut aksesori. Demi mengentalkan kesan me wah, lis krom dipakai untuk gril sementara di bagian foglamp diberi aksen silver. Setidaknya hal ini bisa memberi nilai tambah bagi konsumen.




OUR OPINION

Meski tidak semasif Suzuki Ertiga, VX-1 menjadi pilihan lain bagi pecinta Mazda yang butuh Low MPV. Bukan seperti Biante yang terlihat gambot, mobil ini lebih mungil meski nyatanya ia adalah produk rebadge dari Suzuki Ertiga. Seharusnya jika ingin lebih ekslusif Mazda harus berani memasok jantung pacunya sendiri untuk mobil ini.

 

"Mazda akan terus berupaya dan bertumbuh bersama para pelanggan. Termasuk memberi pelayanan prima, jaminan servis dan suku cadang adalah tantangan berikutnya di tahun ini. Selain kondisi ekonomi dan juga fl uktuasi nilai kurs, kami juga perlu mengantisipasi kebijakan pemerintah yang belum pro ke mobil CBU karena mendukung CKD."

Astrid Ariani Wijana
Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia


Latest News