news

07 Mar 2016

Mobil dari Kayu Toyota Setsuna

Mobil dari Kayu Toyota Setsuna

Mobil dari Kayu Toyota Setsuna

Jika biasanya Toyota memperkenalkan mobil konsep baru dengan desain futuristik, kali ini dalam Milan Design Week Toyota menghadirkan mobil konsep yang terbuat dari kayu, Setsuna.

Mobil kayu tersebut dikembangkan sebagai wujud refleksi hubungan dan pengalaman antara orang dengan mobil mereka. Nama Setsuna sendiri diambil dari bahasa Jepang yang memiliki arti kenangan.

Seperti dilansir dlaam situs resmi Toyota, Sabtu (5/3/2016), untuk mengembangkan mobil konsep berbahan dasar kayu itu, Toyota menggunakan berbagai jenis kayu untuk bagian yang berbeda pada mobil. Termasuk untuk bagian eksterior, rangka, dan pijakan.

Setsuna memiliki dimensi ukuran panjang, lebar dan tinggi yaitu 3.030 mm x 1.40 mm x 970 mm dengan tenaga penggerak motor listrik, dan memiliki kapasitas 2 orang saja.

Karakter dari bahan kayu yang kuat mampu menunjukkan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan. Perancang Setsuna, Kenji Tsuji mengatakan dalam proses pengembangan mobil kayu tersebut membutuhkan beberapa bahan yang khusus dan spesifik. Sejumlah proses pun menggunakan teknik khas tradisional Jepang yaitu okuriari.

"Kami mengevaluasi berbagai cara untuk mengungkapkan konsep dan memilih bahan yang spesifik untuk aplikasi. Seperti pohon cemara Jepang untuk panel eksterior serta pohon khas Jepang lainnya. Kami mengadopsi teknik tradisional Jepang, okuriari," kata Kenji.

Kenji mengungkapkan desain bodi dari Setsuna yang mirip perahu sengaja dibuat untuk mengajak peminatnya berimajinasi bagaimana Setsuna akan berkembang selanjutnya.

"Garis bodi sari Setsuna menggambarkan lekuk yang indah seperti perahu. Kami juga ingin yang melihat Setsuna dapat membayangkan bagaimana Setsuna berkembang dengan kompleks dan memiliki karakter unik di tahun-tahun berikutnya," tandasnya.

Mobil kayu dari Toyota tersebut akan dipamerkan di Milan Design Week mulai 12 hingga 17 April 2016.


Latest News