news

02 Mar 2016

Mobil Lamborghini Ini Takkan Bisa Anda Miliki

Mobil Lamborghini Ini Takkan Bisa Anda Miliki

Mobil Lamborghini Ini Takkan Bisa Anda Miliki

Jenewa - Lamborghini tahun 2016 merayakan 100 tahun pendirinya, Ferruccio Lamborghini. Cara apa yang lebih bagus selain membuat mobil yang gahar untuk mengenang Ferruccio?

Di Geneva Motor Show, Lamborghini akhirnya memperlihatkan mobil yang sudah menjadi buah bibir di kalangan penikmat otomotif dunia. Mobil itu dinamakan Centenario, jika diterjemahkan menjadi bahasa Indonesia berarti 100 tahun, sesuai dengan usia Ferruccio Lamborghini jika masih hidup sekarang.

"Kami dedikasikan mobil ini untuk Ferruccio Lamborghini. Dari waktu ke waktu, kami biasanya membuat sebuah mobil one-off, dan ini salah satunya, untuk meningkatkan nilai Lamborghini, dengan unit yang terbatas," ujar CEO Lamborghini Stephan Winkelmann.

Centenario akan menjadi mobil terbatas Lamborghini lainnya seperti Reventon, atau Veneno. Namun tidak seperti mobil lain yang akan masuk museum, mobil ini bisa dikendarai di jalanan, meski diproduksi secara terbatas 40 unit saja, yang terdiri dari 20 unit tipe coupe dan 20 unit tipe roadster.

Harganya mencapai Rp 25 miliar, dan tebak, Anda tidak bisa memilikinya lagi, karena 40 unit tadi sudah terjual. Bahkan sebelum Lamborghini memamerkan mobil itu di Jenewa, Swiss.

"Kami memberikan kebebasan bagi desainer dan insinyur untuk melakukan sesuatu yang berbeda. Ini pentin, karena mobil tidak akan disimpan di museum saja, tapi juga juga untuk dikendarai, oleh beberapa konsumen yang dekat dengan Lamborghini," ujar Winkelmann.

Dari sisi teknis, mobil menggunakan mesin V12 yang disebut-sebut sebagai terkuat di Lamborghini. Mesin naturally aspirated itu menghasilkan tenaga sampai 770 daya kuda dan bisa membuat mobil berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 2,8 detik. Kecepatan maksimumnya mencapai 350 km per jam.

Bodinya monokok dan seluruhnya terbuat dari serat karbon sehingga bobot total kendaraan mencapai 1.520 kg. Dengan demikian rasio tenaga dan bobot kendaraan bisa optimal yakni 1,97 kg/hp.


Latest News