news

07 Jan 2016

Mobil-mobil yang Siap Diluncurkan di Tahun 2016

Mobil-mobil yang Siap Diluncurkan di Tahun 2016

Mobil-mobil yang Siap Diluncurkan di Tahun 2016

 

Jakarta - Setiap tahunnya biasanya beberapa agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia menyiapkan jagoan barunya. Tahun ini apa saja mobil baru yang meluncur ke pasaran?

Di awal taun 2016 ini sudah ada tiga mobil baru yang akan diluncurkan. Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Suzuki Ertiga Dreza akan membuka tahun 2016 ini.

Apa saja mobil baru yang meramaikan pasar otomotif Indonesia di tahun ini? Berikut detikOto sajikan berdasarkan informasi yang sudah dibocorkan.

 

Mobil-mobil yang Siap Diluncurkan di Tahun 2016

1. Suzuki Ertiga Dreza

Membuka tahun 2016, Suzuki akan melahirkan varian tertinggi dari Suzuki Ertiga. Ialah Ertiga Dreza yang akan menjadi jagoan baru Suzuki di awal 2016 ini.

Foto-foto Suzuki Ertiga Dreza sudah tersebar di jagat maya. Tampilan depannya sangat berbeda dengan tipe Ertiga lainnya.

Sementara interiornya dikabarkan akan ada speaker tweeter di dashboard, panel instrumen kayu, audio 9 inci serta jok dengan dua warna.

Ertiga Derza akan memiliki 2 pilihan varian, yakni Dreza dan Dreza GS. Untuk varian Dreza bakal berkelir hitam, abu-abu dan putih. Sedangkan untuk varian Dreza GS, akan ada tambahan pilihan warna violet shade.

Ertiga Derza juga akan memiliki dimensi yang lebih panjang dari generasi Ertiga yang ada saat ini. Kalau sebelumnya Ertiga standar memiliki dimensi hingga 4.265 mm, dipastikan Ertiga Derza akan memiliki dimensi 4.325 mm.

Namun untuk pilihan mesin, Ertiga Derza masih akan menawarkan mesin 1.4 liter K-Series bensin dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales Davy J Tuilan telah mengkonfirmasi kehadiran Ertiga Dreza. Menurutnya, Ertiga Dreza akan dilahirkan awal 2016.

"Tunggu saja di awal tahun, saya akan mengundang rekan-rekan semua, saat ini saya belum bisa bicara banyak," ujar Davy saat dikonfirmasi detikOto beberapa waktu lalu.

Mobil-mobil yang Siap Diluncurkan di Tahun 2016

2. Toyota Fortuner

Toyota juga akan meluncurkan SUV Fortuner terbaru. Toyota percaya, SUV merupakan segmen yang akan tumbuh di tahun-tahun mendatang.

Karenanya, Toyota Astra Motor memanfaatkan pertumbuhan segmen SUV dengan meluncurkan Fortuner edisi terbaru. Toyota All New Fortuner bakal diluncurkan pada Januari 2016 ini.

"Untuk SUV sudah pada tahu kan ya Fortuner. Bakal keluar Januari nanti," kata Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor, Henry Tanoto.

Fortuner terbaru pertama kali dirilis di Thailand bulan Juli 2015 lalu. Mesinnya menggunakan mesin baru 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc yang menghasilkan tenaga 174 daya kuda (3.400 RPM) dan torsi 450 Nm pada 1.600-2.400 rpm. Sedangkan untuk tipe manual, torsinya sedikit lebih rendah menjadi 420 Nm pada kisaran putaran mesin 1.400-2.600 rpm.

Tenaga itu disalurkan melalui transmisi otomatis dan manual 6 speed.

Mobil-mobil yang Siap Diluncurkan di Tahun 2016

3. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi pun akan memperbarui SUV andalannya yakni Pajero Sport. Mitsubishi All New Pajero Sport bakal menjadi pembuka 2016 dari Mitsubishi.

Mitsubishi All New Pajero Sport akan diluncurkan awal tahun ini. Dari segi tampilan, Pajero Sport memang tidak terlalu berbeda dengan Pajero yang dirilis di beberapa negara pada 2015 lalu. Sebab, mobil ini merupakan produk global.

Kemampuan Pajero Sport terbaru pun diklaim unggul dibanding pesaingnya. Kemampuan Pajero terutama untuk yang hobi memacu adrenalin di lintasan off road tak perlu diragukan lagi. Pajero ini dilengkapi sistem 4WD yang siap menaklukkan jalanan terjal.

All New Pajero Sport juga memberikan sisi keamanan bagi pengemudinya. Sebagai SUV kelas atas fitur-fitur safety telah disematkan di mobil ini.

Tak hanya itu, bahkan Pajero Sport terbaru diklaim bisa menerobos banjir setinggi 1 meter. Sementara SUV lainnya hanya bisa menerobos genangan setinggi 800cm.

Group Head of MMC Sales, Imam Chaeru Cahya, saat dihubungi detikOto memastikan, Mitsubishi Indonesia akan memperkenalkan di kuartal pertama.

"Sabar, jadi awal tahun (All New Pajero Sport diperkenalkan 2016), masih kuartal pertama (sesuai rencana). Bisa Januari, Februari, dan Maret. Tunggu saja saatnya besok," ujar Imam.

Bahkan saking rahasianya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi Mitsubishi di Indonesia. Juga tidak memberikan bocoran kepada setiap diler Mitsubishi di Indonesia.

"Diler juga banyak yang bertanya kepada saya, dan jawab belum (belum waktunya-Red)," ujarnya.

Begitu pun soal harga mobil, Mitsubishi belum memutuskan harga Pajero Sport. Yang pasti harganya bakal lebih dari Rp 400 juta mengingat perubahan yang dilakukan Mitsubishi pada Pajero Sport cukup banyak.

Mobil-mobil yang Siap Diluncurkan di Tahun 2016

4. Honda BR-V

Honda telah memamerkan jagoan barunya di segmen crossover 7 penumpang, Honda BR-V. Bahkan, Honda telah menerima ribuan pesanan BR-V setelah dipamerkan.

Merek mobil berlogo 'H' itu pun sudah merilis harga BR-V. Di Indonesia, BR-V dijual dengan harga mulai Rp 226,5 juta hingga Rp 261,5 juta.

Mobil ini mulai diproduksi massal pada Januari ini. Honda berharap, konsumen sudah bisa menikmati BR-V pada Januari atau Februari mendatang.

Mobil-mobil yang Siap Diluncurkan di Tahun 2016

5. Toyota Sienta

Satu lagi mobil baru yang disiapkan Toyota. Kali ini adalah mobil MPV yakni Toyota Sienta yang menjadi penantang Honda Freed.

Sumber detikOto di Toyota Indonesia membocorkan, Toyota Sienta akan dilahirkan 2016 ini. MPV tersebut akan diproduksi di Indonesia oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Toyota di Jepang juga baru saja melakukan perombakan pada Sienta pada bulan Juli lalu. Sienta menerapkan pintu geser seperti minivan pada umumnya, namun relatif lebih pendek. Dek mobil yang rata memudahkan untuk masuk/keluar mobil.

Versi anyar ini diklaim memiliki desain yang lebih sporty. Toyota mengaku telah mendesain ulang mulai dari bagian bawah hingga atas mobil.

Sienta memiliki dimensi (PxLxT) 4,235 x 1,695 x 1,675 meter dengan sliding door lebar yang terentang sampai ke baris ketiga untuk mempermudah penumpang masuk ke baris ketiga. Selain itu Sienta dilengkapi fitur baru berupa layar sentuh berteknologi terkini serta fitur kontrol iklim.

Di Jepang, selain mesin konvensional 1.500 cc bertenaga 109 PS dan 103 PS ada juga varian hybrid yang menghasilkan tenaga 100 PS. Di Jepang harganya mulai 1.689.709 yen sampai 2.329.855 yen.

Latest News