news

08 Mar 2016

"Mobil Murah" Indonesia Jadi Taksi Mini di Malaysia

Kembaran Daihatsu Ayla, Perodua Axia, sedang dipertimbangkan jadi taksi di Malaysia. Mobil berukuran kompak ini menjadi jawaban atas kebutuhan transportasi dengan harga terjangkau. Malaysia melirik “mobil murah” karena tidak mau ada ojek roda dua atau roda tiga seperti di Indonesia dan Thailand.

Diberitakan Berita Harian, dikutip Paultan.org, Senin (7/3/2016), Wakil Menteri Transportasi Datuk Abdul Aziz Kaprawi menjelaskan bahwa Komisi Transportasi Publik Darat (Suruhanjaya Pengangkutan Awam Darat/SPAD) sedang mengkaji layanan taksi seperti itu.

“Harga sewa taksi roda dua atau roda tiga di Indonesia dan Thailand begitu murah, tapi kami tidak menawarkan layanan seperti itu karena dianggap berbahaya dari segi keamanan. Jadi, layanan taksi mini ini dianggap ide lebih baik mengingat penyelenggaraannya juga murah,” ucap Aziz.

Taksi mini dikatakan tidak akan memberi dampak buruk buat taksi konvensional dan mampu bersaing dengan taksi berbasis online. Kendati demikian, tetap saja ide ini diprotes pengusaha dan sopir taksi konvensional, katanya taksi mini bakal memangkas pendapatan yang selama ini sudah tergerus taksi online.


Latest News