news

03 Dec 2019

Mobil Sederhana yang Akan Digunakan Paus Fransiskus

Mobil Sederhana yang Akan Digunakan Paus Fransiskus

Foto: Istimewa

 Paus Fransiskus mendapat mobil baru. Tak begitu mewah, Paus Fransiskus akan menggunakan SUV Dacia Duster baru.

Dacia telah memberikan mobil baru kepada Paus, berupa Dacia Duster atau yang dijual di Indonesia dengan merek Renault Duster. Bukan sembarang Dacia Duster, mobil ini akan digunakan sebagai Popemobile baru.

Mobil Sederhana untuk Paus Fransiskus

Kendaraan yang digunakan pemimpin gereja Katolik telah berganti-ganti sejak 1970-an. Dan sejak upaya pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1981, mobil untuk pemimpin gereja Katolik itu dibekali kaca antipeluru.

Mobil Sederhana untuk Paus Fransiskus

Berbagai produsen telah memproduksi Popmobile selama bertahun-tahun, termasuk British Leyland, Fiat, Ford, Mercedes-Benz, dan SEAT.

Sementara mobil Paus Fransiskus yang baru ini dirancang khusus untuk kebutuhan Paus oleh departemen prototipe Dacia dan tim Dacia Special Needs dengan bantuan coachbuilder Romturingia.

Mobil yang dibuat khusus untuk Paus Fransiskus ini memiliki lima kursi. Salah satunya adalah kursi bangku belakang yang nyaman. Mobil ini juga memiliki sunroof besar, kaca yang dapat dilepas, ground clearance 30 mm lebih rendah dari biasanya, dan elemen pendukung internal dan eksternal. Mobil putih dengan interior krem memiliki panjang 4,34 meter dan lebar 1,8 meter.

"Dengan hadiah ini kepada Yang Mulia, Groupe Renault (perusahaan induk Dacia) memperbarui komitmennya yang kuat dan berkelanjutan untuk menempatkan manusia di pusat prioritasnya," kata Christophe Dridi, Managing Director of Groupe Renault Romania and CEO of Automobile Dacia SA.


Latest News