news

14 Mar 2019

Mobil Terbaik Eropa Adalah...

Mobil Terbaik Eropa Adalah...

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran otomotif bergengsi di dunia, Geneva Motor Show 2019 juga menghadirkan penghargaan mobil terbaik. Tahun ini, tercetuslah pemenang mobil Eropa terbaik 2019. Siapa dia?

Ialah Jaguar I-Pace yang menyabet gelar mobil terbaik Eropa 2019. Mobil listrik berbentuk SUV crossover ini telah terpilih menjadi Car of The Year di European Car of the Year Awards 2019. Ini merupakan kali pertama Jaguar memenangkan penghargaan idaman tersebut.

 

Dalam siaran persnya disebutkan, sebanyak 60 jurnalis otomotif memilih SUV bertenaga listrik Jaguar ini lebih banyak dibandingkan enam finalis lainnya. Juri European Car of the Year terdiri dari 60 jurnalis otomotif dari 23 negara, dan penghargaan ini mengakui inovasi teknis, desain, performa, efisiensi, dan biaya kepemilikan.

"Untuk kendaraan listrik pertama kami yang juga menjadi Jaguar pertama yang memenangkan penghargaan European Car of The Year, mobil ini memberi kami rasa bangga. I-Pace dirancang dan dibuat di Inggris dari selembar kertas yang bersih. Ini adalah kendaraan listrik bertenaga baterai yang paling canggih secara teknologi. Ini adalah pengubah permainan sejati. Memenangkan European Car of The Year adalah suatu kehormatan dan pengakuan nyata atas apa yang telah disampaikan oleh tim kelas dunia kami," kata CEO Jaguar, Ralf Speth dalam pernyataannya.

Sebagai mobil terbaik Eropa, i-Pace sebenarnya seimbang dengan mobil Alpine A110. Kedua mobil memiliki poin yang sama 250, sehingga memaksa juri untuk memilih kembali dan hasilnya terpilih lah Jaguar i-Pace.

Mobil berikutnya yang masuk urutan mobil terbaik adalah Kia Ceed 247 poin, Ford Focus, 235 poin, Citroën C5 Aircross 210 poin, Peugeot 508 192 poin dan Mercedes-Benz A-class, 116 poin.

Disebutkan, Jaguar I-Pace telah menerima 55 penghargaan di seluruh dunia sejak diluncurkan setahun lalu, termasuk penghargaan di Jerman, Norwegia, Inggris, penghargaan mobil listrik terbaik BBC TopGear, Penghargaan Mobil Ramah Lingkungan Terbaik China, dan Autobest's ECOBEST Award. Kini, mobil itu menyabet gelar mobil terbaik Eropa 2019.

Jaguar I-Pace dirancang dan dikembangkan di Inggris. Mobil ini diklaim telah sukses dalam penjualan secara global. Lebih dari 8.000 unit dikirim ke seluruh dunia, 75 persen di antaranya di Eropa.

Di segmen crossover listrik, Jaguar I-Pace menantang Tesla Model X. Mobil ini hadir dengan dua motor elektrik yang mengembuskan tenaga total 394 daya kuda dengan torsi maksimal 694 Nm. Mobil bisa berakselerasi dari 0 sampai kecepatan 96 km/jam hanya dalam 4,5 detik. Baterai 90 kWh bisa membawa mobil melaju sejauh 377 km.  


Latest News