news

12 Feb 2016

"MPV Murah" D30D Buatan Daihatsu Bukan UFC3

Hingga saat ini masih banyak yang percaya MPV 7-penumpang baru Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan nama kode “D30D” adalah versi produksi Ultra Function Concept (UFC) 3. Namun, menurut pengakuan sumber Daihatsu yang tahu pengembangan produk ini, keduanya berbeda.

UFC3 pertama kali diperkenalkan ADM pada Indonesia International Motor Show 2014. Ketika itu sudah diterangkan UFC3 adalah cikal bakal MPV kelas low cost green car (LCGC).

Meski begitu sumber menerangkan hal lain. Katanya, model baru Daihatsu tidak sama dengan UFC3. “Beda, kalau UFC3 itu kan mobil mewah,” ujar sumber, Rabu (9/2/2016). Konsepnya boleh seupa, tetapi kelasnya jauh berbeda.

Saat diperkenalkan,  ADM menjelaskan UFC3 memiliki sistem gerak roda depan. Sedangkan di kabin diklaim punya ruang lapang dan nyaman plus pengaturan kursi yang fleksibel untuk nilai tambah sebagai mobil yang cocok buat tipikal keluarga Indonesia.

Tidak ada penjelasan lebih lanjut dari sumber tentang spesifikasi detail D30D. Ia juga enggan menjawab kepastian jenis mesin yang bakal digunakan.

Walau tidak ada keterangan pasti yang jelas bila D30D masuk ke kelas LCGC berarti bersaing langsung dengan Datsun GO+. Saat ini GO+ masih menikmati pasar sebagai satu-satunya model MPV 7-penumpang di kelas mobil paling murah itu.


Latest News