news

11 Jul 2019

Nissan Terra Masih Tertatih-tatih Kejar Fortuner-Pajero Sport

Nissan Terra Masih Tertatih-tatih Kejar Fortuner-Pajero Sport

Sebagai pendatang baru di segmen High SUV, Nissan Terra tampak harus bersusah payah untuk mengejar sang kompetitor utama Pajero Sport dan juga Toyota Fortuner. Seperti diketahui keduanya sudah cukup lama mendominasi di segmen High SUV. Selain Pajero Sport dan Fortuner, di segmen tersebut juga terdapat Chevrolet Trailblazer dan Isuzu mu-X. 

Mitsubishi Pajero Sport

Seolah merasakan apa yang dialami dengan Terra, baik Trailblazer maupun mu-X juga sulit mendobrak dominasi Fortuner dan Pajero Sport.

Melirik data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari hingga Mei 2019, di segmen itu Mitsubishi Pajero Sport menjadi rajanya. Total ada 8.454 unit Pajero Sport terdistribusi sepanjang lima bulan pertama tahun 2019 ke seluruh diler-diler Mitsubishi. 

Kemudian di tempat kedua ada Fortuner dengan angka distribusi sebesar 7.617 unit. Nasib Terra lebih baik dari dua pendahulunya Trailblazer dan mu-X. Nissan masih mampu mengirimkan 364 unit Terra ke seluruh dilernya. 

Toyota Fortuner

Trailblazer dan mu-X masing-masing terdistribusi sebanyak 171 unit dan 105 unit. Dibandingkan ketiga pesaingnya, Trailblazer dan mu-X hanya menawarkan satu varian bermesin 2.500cc. 

Kembali ke Terra, Nissan sendiri mengakui sebagai pendatang baru di segmen ini Terra mengalami kesulitan. 

"Jadi kami harus buat konsumen percaya diri dan merasa bahwa mobil ini representasi dari diri mereka di depan kolega dan masyarakat. Mobil juga harus cukup praktis untuk digunakan harian. Itulah yang ingin kami coba penuhi dan beri tahu masyarakat. Karena mereka masih berpikir tentang Pajero atau Fortuner (saat beli SUV premium) karena rekam jejak mereka yang lebih lama," sebut Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi beberapa waktu lalu. 


Latest News