news

21 Mar 2016

Pabrik Esemka Berdiri di Lahan Kering 13 Hektar

Pabrik Esemka Berdiri di Lahan Kering 13 Hektar

Lama tak ada kabar, gaung mobil bermerek nasional Esemka kembali hangat dibicarakan. Kabar yang menyatakan kalau PT Adiperkasa Citra Esemka (ACE) di bawah pimpinan AM Hendropriyono tengah membangun pabrik di Boyolali, Jawa Tengah, merebak, membuat khalayak jadi penasaran.

Guna mencari kepastian, KompasOtomotif langsung terjun ke lokasi berita, berjumpa dengan Bupati Boyolali Seno Samodro di rumah dinas, Jalan Merapi, Boyolali, Jawa Tengah.

Dari hasil perbincangan, Seno mengatakan bahwa kabar mengenai Pabrik Esemka tersebut memang benar dan bukan rumors semata.

"Pabriknya memang sedang dibangun dan dibentuk, untuk lokasi itu ada di Desa Demangan, Sambi-Boyolali. Sekitar 8 km dari bandara," ucap Seno kepada KompasOtomotif, Minggu (13/3/2016).

Menurutnya, pabrik tersebut berdiri di areal lahan kering yang kosong. Sedangkan untuk luasnya sendiri hampir 13 hektar.

"Setelah kami mengadakan rujukan dengan RT dan RW di sana (Demangan), tanah yang disetujui untuk digunakan, itu mendekati 13 hektar. Untuk ke depan masih bisa dikembangkan lagi tergantung dari progres dan kebutuhan pabrik nanti," ujar Seno.

Sayangnya beliau mengaku tidak mengetahui soal masalah produksi, karena sampai saat ini pun belum ada pertemuan dengan pihak pemilik. "Produksinya nanti silakan tanya sama pemiliknya, jujur saya sebagai pihak luar yang hanya mengurusi lahan dan perizinan saja," ucap Seno.

Laporan Langsung Wartawan KompasOtomotif Stanley Ravel


Latest News