news

23 Jan 2016

Pasar Mobil SUV Menguat di Saat yang Lain Turun

Pasar Mobil SUV Menguat di Saat yang Lain Turun

Pasar Mobil SUV Menguat di Saat yang Lain Turun

Jakarta -Mobil jenis Low MPV (Multi Purpose Vehicle) boleh saja menguasai pasar, namun ternyata saat penjualan mobil menciut, mobil SUV justru menguat.

Mengutip data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, selama periode Januari-November 2015 saja, mobil-mobil jenis SUV merupakan satu-satunya yang mengalami pertumbuhan positif.

Sepanjang Januari-November 2015, mobil-mobil SUV seperti Fortuner, Pajero Sport, Honda CR-V dan sejenisnya menorehkan angka penjualan 51.226 unit, naik 2,5 persen.

Sedangkan mobil low MPV justru turun, dari 341.840 unit di tahun 2014, menjadi 242.982 unit di tahun 2015. Mobil sedan juga turun dari 21.132 unit, menjadi 17.404 unit.

Karena itu wajar saja jika pabrikan berlomba-lomba merilis mobil SUV saat ini, seperti Toyota yang hari ini meluncurkan Fortuner.

Beberapa kalangan pabrikan yang ditemui detikOto pun mengamini, tren SUV ke depan akan semakin kuat, meski belum mengalahkan mobil low MPV. Turunan SUV pun semakin beragam, jika sebelumnya ada istilah low SUV seperti mobil Toyota Rush, Daihatsu Terios, ke depan bakal ada jenis baru, crossover yang ditandai dengan kelahiran Honda BR-V.


Latest News