news

19 Feb 2016

Penantang Avanza-Xenia dari China Cuma Rp 100 Jutaan

Penantang Avanza-Xenia dari China Cuma Rp 100 Jutaan

Jakarta, KompasOtomotif - Sebentar lagi akan ada pemain baru di segmen mobil multiguna bawah (low MPV), yang berasal dari China. Adalah Sokonindo Indonesia (SI) yang sudah menyiapkan dua modelnya berjenis MPV dan station wagon untuk menantang kemampanan produsen Jepang.

Sokonindo akan mulai merakit produk tersebut di pabriknya yang berlokasi di Cikande, Banten, November 2015. Dua model yang bakal meluncur tersebut adalah Fengguang 350 untuk jenis MPV dan Fengguang 360 bergaya station wagon.

Dua model ini akan bersaing di segmen MPV menengah ke bawah. Berdasarkan penelusuran KompasOtomotif, Fengguang 350 dibanderol antara 50.000-70.000 yuan atau berkisar Rp 108,2 juta - Rp 151,5 juta.

"Harganya nanti tidak akan jauh berbeda dengan yang dipasarkan di China," ucap Alexander Barus, Komisaris SI saat dihubungi KompasOtomotif, Jumat (24/7/2015). Bila demikian, maka harga yang disiapkan itu memang kompetitif.

Alex melanjutkam, saat ini dua model itu sedang menjalani proses uji tipe kendaraan di Kementerian Perindustrian. Perizinan produksi juga sudah disiapkan dan pasokan komponen berupa mesin juga sudah sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.


Latest News