news

25 Mar 2016

Pendidikan Gratis di Bidang Otomotif

Pendidikan Gratis di Bidang Otomotif

Menjawab tantangan tingginya kebutuhan tenaga kerja terampil, membuat Plan International Indonesia (PII), lembaga swadaya masyarakat (LSM), menyediakan “Pelatihan Otomotif” dengan gratis.

Ini tentunya ditujukan bagi para pemuda yang tidak mampu, untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi seperti kuliah. Mingming Remata Evora, Country Director PII juga menjelaskan mengapa pihaknya emilih bidang otomotif, terkait pengetahuan yang diajarkan.

“Dari analisis situasi yang kami lakukan dari tahun 2010, kami melihat adanya kebutuhan tenaga kerja terampil, di kalangan industri otomotif. Di sisi lain, PII melihat bahwa pengembangan keterampilan otomotif ini, sejalan dengan program Youth Economic Empowerment (pemberdayaan kaum muda) di Indonesia,” ujar Miming kepada KompasOtomotif, Kamis (24/3/2016).

Mingming menambahkan, pihaknya juga melihat Jakarta khususnya, sebagai salah satu kota besar, dengan populasi kendaraan roda empat yang banyak, mulai dari yang sederhana sampai yang mewah. Dengan begitu, muncul banyak kebutuhan di Ibukota ini.

“Atas dasar itu, kemudian kami mendesain proyek ini bersama dengan rekan-rekan yang lain, termasuk dari pemerintah daerah. Bukan hanya bagi kaum pria, tetapi juga para perempuan, bahkan kaum disabilitas,” ujar wanita berkebangsaan Filipina ini.

Membentuk Kepribadian

Mingming melanjutkan, pelatihan otomotif yang diberikan di dalam proyek ini, bukan hanya secara teknis permesinan, tetapi juga pembentukan kepribadian. Jadi para lulusan akan siap keterampilan teknis dan mental.

“Kami ajarkan bagaimana menjadi pegawai yang baik, bisa mengambil keputusan positif, dan percaya diri. Garis besar dari semua itu adalah persiapan diri menuju dunia kerja yang profesional. Sehingga para lulusan kami memiliki ketangguhan dan kepercayaan diri tinggi,” tutur Mingming.


Latest News