news

22 Jan 2016

Penjualan Mobil Tahun Ini Diperkirakan Naik Tipis

Penjualan Mobil Tahun Ini Diperkirakan Naik Tipis

Penjualan Mobil Tahun Ini Diperkirakan Naik Tipis

Jakarta -Setelah tahun lalu penjualan mobil menurun 16 persen dibanding tahun sebelum, tahun ini diperkirakan naik, meski tipis. volume penjualan diperkirakan mencapai 1,05 juta unit dari tahun lau yang sebanyak 1,01 juta unit.

“Perkiraan ini merupakan hitungan kasar. Kami menggunakan asumsi pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5 persen,” tutur Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Noegardjito, di sela acara Curhat Otomotif bertajuk ‘Menuju Industri Otomotif Indonesia Semakin Hijau’ yang digelar Forum Wartawan Otomotif, di Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Gaikindo, lanjut dia, menggunakan formula perhitungan setiap pertumbuhan ekonomi naik 1 persen, maka akan terjadi kenaikan permintaan mobil sebesar 1,5 persen.

Dengan asumsi itu pula, maka jumlah produksi mobil pada tahun ini diperkirakan mencapai 1,17 juta unit atau naik tipis dibanding tahun lalu. Produksi mobil sepanjang 2015 lalu disebut-sebut hanya sebanyak 1,1 juta unit.

Kapasitas produksi terpasang tahun ini sebanyak 1,92 juta unit. Artinya, kapasitas yang terpakai baru sebesar 65 persen.

Padahal, kata Noegardjito, banyak pabrikan anggota Gaikindo yang telah menggelontorkan investasi untuk menggenjot produksi.

“Tetapi, ini kan perkiraan. Termasuk soal penjualan. Kami masih akan mengevaluasi kembali pada kuartal pertama nanti. Jika trennya bagus ya kita naikan, kalau tidak yang sebaliknya. Tetapi kami optimis akan membaik tahun ini,” paparnya.


Latest News