news

27 Jan 2020

Perhatikan Fungsi Tombol Pengunci pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Perhatikan Fungsi Tombol Pengunci pada Tuas Transmisi Mobil Matik

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Pada mobil transmisi matik dengan model lurus atau straight, biasanya dilengkapi dengan sebuah tombol di gagang tuasnya. Fungsinya sebagai pengunci atau bernama release button. Lantas, apa fungsi dari tombol tersebut. Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, menjelaskan bila kegunaan tombol tersebut adalah sebagai pengaman untuk mencegah terjadinya perpindahan transmisi secara tak sengaja. " Tombol ini pada umumnya hanya berguna saat transmisi mau dipindahkan dari posisi P (parking) ke R atau ketika ketika mau mundur dan sebaliknya, jadi sebagai penahan atau penguncinya, karena yang krusial itu kan dari posisi P ke R jadi diberikan safety

Lebih lanjut Suparna menjelaskan bila tombol release di tuas transmisi ini juga hanya terdapat pada transmisi model straight. Sementara yang gate, sudah tak dilengkapi karena memiliki lajur zigzag yang lebih aman.

All New Terios dengan transmisi otomatis yang belum CVT.

Mekanisme atau cara kerja dari tombol pengunci tadi juga tidak sembarangan. Selain harus menekan tombol, kaki pengendara juga tetap wajib menekan pedal rem agar transmisi benar-benar bisa dipindahkan. "Jadi double safety, harus pencet tombolnya sambil kaki injak rem baru bisa digeser. Pada model gate atau yang zigzag itu juga demikian, tetap injak rem baru tuas bisa digeser, bedanya tidak pakai tombol release saja karena dirancang lebih simple," kata Suparna. Lantas apakah setiap akan memindahkan posisi transmisi harus selalu ditekan? Menjawab hal ini Suparna mengatakan, sebenarnya tombol tersebut lebih bekerja saat transmisi akan dipindahkan dari P ke R atau sebaliknya.

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Sementara ketika sudah berada di netral dan mau pindah ke D atau sebaliknya, bisa langsung dilakukan tanpa menekan lagi. "Tapi biasanya tombol harus digunakan saat kita ingin memindahkan ke transmisi yang lebih rendah. Contoh dari D mau geser ke gigi 2 atau yang lebih rendah lagi, karena bila tidak akan sangat berbahaya ketika tiba-tiba sedang kecepatan tinggi lalu tanpa sengaja tuas tergeser ke gigi yang lebih rendah," kata Suparna.


Latest News