news

11 Mar 2016

Perhatikan Trik Saat Melewati Genangan Air

Perhatikan Trik Saat Melewati Genangan Air

Genangan air di jalan merupakan kondisi yang cukup mengkhawatirkan bagi sebagian kendaraan, khususnya roda empat. Pasalnya, jika genangan air tersebut masuk ke dalam mesin atau ruang bakar, tentu mobil akan mengalami kerusakan serius.

Di dalam modul "Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas" yang dikeluarkan oleh Astra international yang bekerja sama dengan Korlantas Polri, dijelaskan tata cara ketika akan melalui genangan air. Setidaknya ada empat pertimbangan yang bisa dilakukan.

Pertama,perhatikan kondisi di depan mobil ketika akan melalui genangan. Pastikan mobil bisa melaju tanpa berhenti di tengah genangan air.

Kedua, sebagai patokan, gunakan trotoar atau kendaraan yang ada di depan untuk memperkirakan ketinggian genangan air. Jangan memaksa melintas ketika ketinggian air sudah setengah ban mobil.

Ketiga, lewati genangan secara perlahan (posisi persneling rendah, 1 atau 2) dan pertahankan putaran mesin tidak terlalu tinggi, sekitar 1.500 rpm sampai 2.000 rpm. Ini agar air tidak masuk ke dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan serius.

Keempat, setelah melewati genangan air, keringkan kanvas rem. Caranya, jalankan mobil dengan perlahan, kemudian injak dan lepaskan rem berkali-kali. Lakukan hingga kondisi rem kembali normal.


Latest News