news

09 Oct 2019

Porsche Akan Produksi Mobil Listriknya Pakai Robot

Porsche Akan Produksi Mobil Listriknya Pakai Robot

Mobil listrik Porsche Taycan Foto: Porsche

Produksi mobil listrik Porsche Taycan dimulai bulan lalu di fasilitas produksi Zuffenhause, Jerman. Dalam video berdurasi 30 menit yang diunggah melalui akun Youtube Porsche ditunjukkan bagaimana mobil listrik tersebut dibuat.

Seperti pabrikan mobil pada umumnya yang saat ini sudah mengandalkan robot, Porsche Taycan pun demikian, terutama menggunakan robot-robot yang canggih.

Dalam video tersebut, terlihat robot-robot mengerjakan tugas yang kompleks seperti pengelasan dan pemasangan berbagai panel body termasuk pintu.

Kemudian pekerja dari Porsche terlihat menginspeksi pengerjaan dari robot sebelum mobil dikirimkan ke dalam tempat pengecatan.

Masuk dalam sesi pengecatan, lengan-lengan robot bekerja dengan cepat untuk mewarnai tubuh Porsche Taycan. Usai dicat, kembali diperiksa oleh pekerja di bagian produksi.

Adapun salah satu peran yang belum bisa digantikan robot, pada bagian kedua dalam video ini berfokus pada powertrain Taycan di mana manusia memainkan peran penting dalam setiap perakitan motor listrik Porsche Taycan.

Setiap motor listrik sebelum dipasang pada Porsche Taycan akan diuji terlebih dahulu, baru kemudian dimasukkan ke dalam mobil. Saat semua selesai dirakit menjadi satu kesatuan, mobil kembali masuk uji kelaikan sebelum dilempar ke pasar. Pabrik ini memang diperuntukkan untuk hanya memproduksi mobil listrik Porsche, dan memperkerjakan 1.500 orang.

Langkah Porsche untuk bisa lebih serius untuk bisa memproduksi mobil listrik memang tidak main-main. Karena memang pabrikan asal Jerman ini sudah mendapat orderan hingga 30.000 unit mobil listrik. Sebagai catatan mobil listrik Porsche ini dibanderol mulai USD 150.900 untuk model turbo. Dan untuk model Taycan Turbo S akan dibanderol USD 185.000.

Di pasar dalam negeri, PT Eurokars Artha Utama selaku distributor resmi Porsche di Indonesia memastikan mobil listrik terbaru Porsche Taycan akan hadir pada kuartal pertama di 2020.

"Taycan akan hadir di Indonesia pada tahun 2020, setelah diperkenalkan di dunia pada September 2019. Kemudian kami akan mencoba untuk membawanya ke Indonesia pada kuartal pertama di tahun 2020," ujar Managing Director Porsche Indonesia, Christoph Choi di Hotel Dharmawangsa


Latest News