news

05 Jun 2015

Proton Exora Prime, Kemewahan Nan Terjangkau

Proton Exora Prime, Kemewahan Nan Terjangkau

 

Proton Exora Prime, Kemewahan Nan Terjangkau


 

 

Dari luar, sosok Exora Prime ini sudah terlihat mencolok. Bumper depan agresif membuat wajahnya tampil lebih berkelas. Begitu pula dengan lampu belakang beraksen silver yang modern dan cantik dipandang. Dipadu dengan warna coklat yang menawan, sosok Exora Prime pun sangat jauh membaik dibanding Exora Star.

Di dalam, Proton membuat sejumlah gebrakan untuk membuat varian termahal mereka ini layak dilirik kalangan atas. Paling kentara adalah penempatan jok individual di tengah. Ini memang mengurangi kepraktisan pelipatan bangku dan kapasitas penumpang. Tapi di lain sisi, sesuai dengan target pasar Exora Prime, yakni eksekutif muda. Apalagi seluruh jok kini dibalut kulit. Memang bukan kulit nomor satu, tapi setidaknya lebih baik ketimbang fabrik. Menambah nuansa premium, Proton juga memberikan 3 buah TV di interiornya, satu di depan dan dua di belakang.

Untuk dapur pacu, Exora Prime memberi unit 1.600 cc turbo yang mampu menelurkan daya 138 dk. Menemani mesin tersebut, dipasanglah transmisi CVT. Hasilnya sangat baik. Saat kami tes, pengendaraan Exora Prime terasa halus namun sangat bertenaga. Figur 0-100 km/jam dalam 11,2 detik merupakan yang terbaik di kelasnya.

Menilik kualitas bantingan, pengendalian serta perilakunya di jalan, kami berani bilang kalau inilah Proton yang paling nikmat dikendarai. Sayangnya, posisi mengemudi Exora Prime masih jauh dari sempurna. Andaikan hal tersebut dibenahi, besar kemungkinan mobil ini jadi yang terbaik di kelasnya.

Lantas cukup menarik juga melihat apa yang dilakukan teknisi Proton untuk membuat mobil ini semakin terasa berkelas. Mereka terlihat menggunakan mobil Eropa sebagai inspirasi. Lihat saja penempatan tuas seinnya yang di kiri, dan dilengkapi dengan tombol dasbor lunak ala mobil Eropa.

Satu hal yang layak mendapat pujian adalah hadirnya cruise control. Dengan harga jual hanya Rp 260 juta, inilah mobil termurah yang memiliki fitur tersebut. Pengendaraan di jalan tol pun menjadi makin menyenangkan. Melengkapi nuansa modern, Proton juga masih membekali Exora Prime dengan kamera mundur serta sensor parkir.

Berbicara akomodasi, Exora Prime memberi ruang setara Kijang Innova. Akses ke belakangnya juga mudah, namun lantai di deret paling belakang terlalu tinggi sehingga mengurangi kenyamanan duduk. Berita baiknya, jok paling belakang ini masih bisa dilipat rata untuk memaksimalkan kapasitas angkut.


Latest News