news

02 Mar 2016

Sensasi

Sensasi "Bejek" Mesin 1.2 TSi Milik VW Polo

Setelah cukup lama diperkenalkan, akhirnya Volkswagen Indonesia mengundang beberapa media merasakan sensasi mengendarai VW Polo 1.2 TSI. Tersedia empat unit hatchback yang disiapkan panitia, untuk ajang pengujian para jurnalis. Tujuan rombongan, Kota Kembang, Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/2/2016). 

VW Polo yang diimpor utuh (completely built up/CBU) India ini datang dengan mesin mesin 4 silinder berkapasitas 1.200 cc berteknologi Twincharged Stratified Injection (TSi). Data spesifikasi di atas kertashatchback termurah VW ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 105 tk dan torsi puncak 175 Nm pada putaran 1.500-4.100 rpm.

Dengan dukungan turbo yang mampu menambah aliran tekanan udara ke ruang mesin, membuat tenaga Polo terasa mantap tanpa beban. Sensasi ini KompasOtomotif rasakan ketika mulai memacu Polo di ruas Tol Padalarang menuju Bandung.

Kondisi jalan yang lenggang dan aspal mulus dimanfaatkan menguji performa dan respons mesin dengan langsung bejek habis pedal gas, spontan. Tanpa menunggu lama suplai aliran tenaga pun langsung keluar yang membuat hatchback berbodi kompak ini melesat cepat.

Putaran mesin makin berambah berisi ketika sistem transmisi 7 percepatan dual-clutch automatic gearbox (DSG) dipindahkan pada posisi sport. Tiap perpindahan mampu memnghadirkan putara tenaga yang baik dengan nafas tarikan yang terasa "panjang-panjang".

Performa mesin yang didukung dengan teknologi TSI serta turbo charge cukup memberikan dampak signifikan. Meski hanya menopang mesin mungil 1.200 cc, namun KompasOtomotif mampu mencapai kecepatan di atas 150 kpj, asiknya lagi bodi mobil cukup stabil saat kecepatan tinggi.

Sayangnya, pihak pabrikan tidak melengkapi fitur paddle shift di sisi kemudi yang bisa membuat sensasi sport lebih menunjang. 

Handling

Berbekal electro-mechanical power assisted steering dengan dan kaki-kaki yang rigid, kelincahan Polo 1.2 TSi kembali diuji. kali ini memanfaatkan trek buatan di Kota Baru Parahyangan, Bandung. Pihak VW sengaja meminta para jurnalis untuk merasakan sisi resposif, kestabilan, handling, dan pengereman Polo di lintasan buatan ini.

Ujian pertama melintasi trak lurus sepanjang 100 meter untuk mengetahui sisi responsifnya. Sejak posisi start, pedal gas sudah diinjak habis (kick-down), hanya dalam hitungan detik saja mobil sudah merespons lewat tenaga yang membuat pergerakan cepat menyentuh garis finish. Selain itu, respons kelengkapan keselamatan aktif, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Anti Slip Regulation (ASR), serta Engine Drag Torque Control (EDTC) ikut diuji ketepatnya.

Untuk handling sendiri dibuktikan ketika melintasi jalur zig-zag. Berbekal sistem kemudi yang dilengkapi driver steering ecommendation membuat pengendalian terasa enteng dan persisi. Ditambah dengan model setir dengan desain sport yang berbentuk setengah lingkaran dengan bagian bawah yang datar, membuat aura balap makin terasa.


Latest News