news

12 Mar 2016

Soal Euro IV, Toyota Tunggu Instruksi Pemerintah

Soal Euro IV, Toyota Tunggu Instruksi Pemerintah

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengaku siap membantu kebijakan pemerintah tentang standar emisi gas buang Euro IV. Sebab, pabrik yang memproduksi beberapa model Toyota di Indonesia itu sudah familiar dengan teknologi tersebut.

“Toyota siap membantu pemerintah. Kami juga siap mengekspor mesin yang sudah punya standar emisi Euro IV dan Euro V,” kata Warih Andang  Tjahjono, Vice President Director PT TMMIN di sela-sela acara peresmian pabrik mesin baru Toyota, Senin (7/3/2016).

Soal penerapan dan pemasaran produknya, menurut Anton Jimmy, Kepala Divisi Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), pihaknya menunggu instruksi dari pemerintah. Sebab, secara teknologi Toyota sangat siap.

“Toyota siap mendukung dan memenuhi peraturan pemerintah. Jadi, kalau soal waktu penerapan, kita akan tunggu arahan dari pemerintah,” kata Anton kepada KompasOtomotif, Kamis (10/3/2016) sore.

Pemerintah sendiri, kata Anton, dalam mengeluarkan peraturan itu sudah mempertimbangan waktu dan melihat kesiapan masing-masing produsen otomotif. Sehingga, penerapanya tidak akan dilakukan secara mendadak.

“Intinya kita siap, tetapi harus tetap menunggu arahan dari pemerintah,” ucap Anton.

Tahun ini, regulasi mengenai standar emisi gas buang Euro IV telah disepakati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Jika draft-nya sudah selesai ditandatangan maka mulai diberlakukan pada mobil baru (new product) di 2018 dan menyusul 2020 untuk kendaraan yang sedang berjalan teknologinya (current product).


Latest News