news

10 Mar 2016

Soal Penerapan Euro4 di Indonesia, Honda: Euro6 Juga Bisa

Soal Penerapan Euro4 di Indonesia, Honda: Euro6 Juga Bisa

Soal Penerapan Euro4 di Indonesia, Honda: Euro6 Juga Bisa

Soal Penerapan Euro4 di Indonesia, Honda: Euro6 Juga Bisa

Jakarta -Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menargetkan penerapan standar Euro 4 di kendaraan bermotor pada 2018. Honda pun sudah siap menyambut penerapan baru itu.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy mengatakan, Honda tak ada masalah jika mobil-mobilnya harus berstandar Euro4. Dia menilai, mobil Honda sudah bisa diterapkan Euro4. Apalagi, mobil-mobil baru Honda bisa menerapkan standar hingga Euro6.

"Kami sama sekali enggak ada masalah. Apalagi mobil-mobil baru, Euro5 bisa, Euro6 bisa. Asal regulasinya jelas," kata Jonfis saat ditemui di Central Park, Jakarta Barat, Selasa (8/3/2016).

Sebab, kata Jonfis, penerapan standar emisi Euro sudah dilakukan. Apalagi, era Euro2 di Indonesia sudah lewat.

"Dan mobil-mobil yang sudah ada, pastinya Euro2 sudah lewat dan beberapa ada yang sudah compatible dengan euro4," sebut Jonfis.

Jonfis melanjutkan, memang penerapan Euro4 membutuhkan waktu. Meski begitu, mobil-mobil Honda sudah siap menerapkan standar Euro4.

"Euro4 datang pun sebenarnya sudah ada beberapa mobil yang sudah siap. Karena butuh waktu buat berubah dari spek Euro yang sudah ada ke Euro4. Tapi Honda siap (menerapkan Euro4)," katanya.

Sebelumnya dikatakan Direktur Pengendalian Polusi Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dasrul Chaniago, target penerapan standar emisi tersebut sebagai wujud dari perkembangan teknologi. Apalagi, Dasrul membandingkan negara-negara di wilayah ASEAN lainnya telah menerapkan standar emisi yang lebih tinggi.

"(Tahun) 2018 target kami menerapkan Euro4. Untuk Euro4 minimum pertamax. Kita pakai Euro 4 supaya bisa ekspor mobil. Negara-negara tetangga sudah menerapkan Euro 4. Kalau kita bertahan dengan Euro2 kita enggak bisa ekspor," ujar Dasrul. (rgr/lth)

Latest News