news

14 Mar 2016

Teknik Kamuflase pada Ujicoba Mobil Baru

Teknik Kamuflase pada Ujicoba Mobil Baru

Teknik Kamuflase pada Ujicoba Mobil Baru

Seringkali kita temukan di jalan mobil dengan motif atau corak unik yang menutupi bodi mobil. Biasanya mobil tersebut merupakan mobil baru yang tengah diujicoba di jalanan umum.

Kamuflase mobil tersebut sengaja dipoles dengan motif-motif untuk mengaburkan model asli dari mobil. Tujuannya agar produk baru tersebut tidak bocor ke publik.

Seperti yang dilakukan oleh Koordinator kamuflase untuk mobil keluaran Ford, Kevin Rothenhauser. Ia dengan enam orang anggota tim dari Ford berusaha menemukan cara untuk melindungi tampilan prototipe dari mobil terbaru yang diujicoba di jalan.

"Apa yang membuat saya takut yakni ketika mobil kami tertangkap oleh kamera. Semua orang di perusahaan sangat peduli tentang hal itu. Tapi saya sangat menikmati apa yang saya lakukan. Saya dan tim menyukai tantangan dan kita bekerja lebih keras untuk menyembunyikan mobil ini dari fotografer pengintai," ungkap Kevin yang dilansir Forbes, Minggu (13/3/2016).

Menurut Kevin, ujicoba mobil baru tak bisa dilakukan hanya di lingkungan perusahaan saja atau trek yang dibuat oleh pabrikan mobil. Mobil baru tersebut nantinya akan digunakan secara langsung oleh konsumen di jalan, sehingga ujicoba juga harus dilakukan di jalanan umum yang sesungguhnya.

"Kamu tidak bisa mendapat umpan balik yang sesungguhnya di trek perusahaan," katanya.

Selain itu Otolovers, ternyata kamuflase pada prototipe mobil yang diujicoba juga mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Di era 1960 hingga 1970-an, kamuflase mobil yang dilakukan oleh produsen mobil berupa bentuk panel bodi yang aneh. Cara ini mengeluarkan uang yang tidak sedikit oleh pabrikan mobil.

Melangkah ke tahun 1980-an, teknologi dan ide semakin berkembang. Ternyata teknik kamuflase dengan panel bodi tidak terlalu efektif. Pabrikan mobil akhirnya hanya menutupi mobil dengan kain berukuran besar. Sayang, cara tersebut juga tidak efektif dan hanya digunakan saat mobil di parkir.

Berlanjut ke era 2000-an hingga saat ini, teknik kamuflase mulai menggunakan vinyl hitam yang melapisi bodi, jendela, lampu depan dan belakang, air intake, dan ban.

Selain itu, kini juga sering digunakan stiker dengan motif warna hitam dan putih di seluruh bodi mobil dan grille untuk mengelabui jepretan kamera atau publik yang penasaran.


Latest News