news

02 May 2015

Berita Sewa dan Rental Kendaraan

Toyota Alphard dan Vellfire Terbaru Resmi Hadir di Indonesia

Toyota Alphard dan Vellfire Terbaru Resmi Hadir di Indonesia

Senin, 30 Maret 2015 Penulis: Nurtjahyadi
 

DI tahun Kambing Kayu ini PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak membiarkan pangsa pasar MPV mewah miliknya tergerus pemain lain. Sebagai upaya untuk menangkalnya, perusahaan berlogo tiga oval ini mencoba menggebrak pasar
dengan dua model terbarunya All New Vellfire dan All New Alphard.

Dalam sambutannya Chief Engineer Toyota Motor Corporation untuk Alphard dan Vellfire Kenichi Yoshioka yang hadir di acara peluncuran kedua MPV baru itu mengatakan, ''Konsep desain Alphard dan Vellfire terbaru ini adalah 'Grandeluxe' yang mengedepankan kualitas kemewahan utama dengan pengalaman personal bagi penumpang yang berada di dalam kabinnya.''

Hal senada diungkapkan oleh Vice President Director TAM Suparno Djasmin. ''Kehadiran MPV Luxury ini wujud apresiasi sekaligus konsistensi Toyota atas keberadaan MPV Luxury itu di Indonesia, sebagai pilihan utama konsumen tanah air selama enam tahun berturut-turut di segmennya,'' tambah Suparno di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Jumat (27/3).

Sepintas bentuk dasar kedua MPV mewah Toyota terbaru ini hampir sama seperti pada generasi sebelumnya. Perubahan yang paling jelas nampak pada bagian wajahnya yang kini hadir lebih berani, terutama pada All New Alphard yang memunculkan perbedaan anggapan.

Sejumlah wartawan otomotif yang hadir berkomentar kalau ukuran grille terlalu berlebihan. Namun di sisi lain ada juga yang mengaguminya. "Lebih gagah dan berwibawa," ujar beberapa wartawan yang hadir.

Sementara untuk tampang depan Vellfire justru tidak banyak memicu komentar karena dianggap sudah cukup proporsional. Selain bagian depan kedua MPV mewah ini cenderung identik satu sama lain.

Di luar unsur tampilan eksterior, Toyota tidak sedikit melakukan penyempurnaan. Terutama pada sistem suspensi dan penggunaan mesin baru serta interior yang lebih mewah, lengkap dan luas. Belum lagi soal fitur-fiturnya yang lebih canggih dari sebelumnya.

Pada bagian suspensi yang mendukung kenyamanan, kestabilan dan keamanan berkendara, kedua MPV ini mengandalkan suspensi belakang model double wishbone plus stabilizer yang lebih kompleks dipadu suspensi depan
model MacPherson Strut dengan stabilizer.

Mesin yang sebelumnya mengandalkan 2.4 liter kini digantikan mesin baru 2.5 liter 2AR-FE DOHC Dual VVT-i bertenaga 180 PS pada 6.000 rpm bertorsi maksimal 234,4 Nm pada 4.000 rpm yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-speed jenis CVT yang dapat dioperasikan secara manual.

Khusus untuk model Alphard tertinggi (Executive Lounge), mengemban mesin V6 model 2GR-FE DOHC 24-Valve Dual VVT-i yang sanggup menyajikan tenaga hingga 275 PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 340 Nm pada 4.700 rpm.

Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo mengatakan All New Alphard ditawarkan dalam tiga varian. Alphard 2.5X dibanderol dengan harga on the road Rp830 juta, Alphard 2.5G dengan banderol Rp980 juta. ''Kami memiliki varian tertinggi yaitu Alphard (3.5Q) Executive Lounge 3.5 liter Rp1,53 miliar,'' kata Samulo.


 

Sedangkan untuk Toyota All New Vellfire hanya tersedia model 2.5G yang harganya sama dengan model Alphard 2.5G yaitu Rp980 juta.

Soal perbedaan segmen yang tipis antara Vellfire dan Alphard, Rahmat Smulo mengatakan bahwa Vellfire ditujukan bagi konsumen yang ingin tampil stylish & sporty, sedangkan Alphard lebih mencuatkan kesan yang lebih elegan dan berwibawa. (cdx)


Latest News