news

09 Nov 2019

Toyota dan BYD Bikin Perusahaan Patungan demi Mobil Listrik

Toyota dan BYD Bikin Perusahaan Patungan demi Mobil Listrik

Mobil Listrik Masa Depan Toyota. Foto: Toyota

Toyota dan perusahaan China, BYD, mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian untuk mendirikan perusahaan patungan. Perusahaan patungan itu ditujukan untuk penelitian dan pengembangan mobil listrik.

Perjanjian itu lahir setelah kedua pihak tersebut sepakat untuk bersama-sama mengembangkan kendaraan listrik pada Juli lalu. Kemungkinan perusahaan patungan itu akan lahir di China pada 2020.

Perusahaan R&D itu akan bekerja pada perancangan dan pengembangan kendaraan listrik termasuk platform. BYD dan Toyota juga akan menyumbang staf untuk perusahaan patungan tersebut dengan mentransfer insinyur dan pekerja yang saat ini terlibat dalam R&D masing-masing perusahaan.

"Kami bertujuan untuk menggabungkan kekuatan BYD dalam pengembangan dan daya saing di pasar kendaraan listrik baterai dengan teknologi keselamatan dan kualitas Toyota untuk menyediakan produk EV terbaik untuk permintaan pasar dan kasih sayang konsumen sedini mungkin," kata Senior Wakil Presiden BYD, Lian Yu-bo.

"Dengan tujuan yang sama untuk mempromosikan lebih lanjut penggunaan kendaraan listrik yang tersebar luas, kami menghargai bahwa BYD dan Toyota dapat menjadi 'rekan satu tim', dapat mengesampingkan persaingan kami dan berkolaborasi. Kami berharap untuk lebih maju dan memperluas baik BYD dan Toyota dari upaya tersebut," kata Wakil Presiden Eksekutif Toyota Shigeki Terashi.

BYD bukan pemain baru dalam kendaraan listrik. Didirikan pada 1995 sebagai bisnis baterai, BYD atau Build Your Dreams telah berkembang menjadi perusahaan solusi energo, memproduksi tidak hanya kendaraan listrik tapi juga produk lain seperti sel penyimpanan energi.

Pada 2008, BYD menjadi yang pertama di dunia yang menjual mobil plug-in hybrid yang diproduksi secara massal. Dan sejak 2015, BYD telah menjadi penjual kendaraan listrik dan plug-in hybrid teratas di dunia. Mobil listrik BYD juga dipakai untuk armada taksi Blue Bird di Indonesia.

Sementara itu, soal kendaraan elektrifikasi Toyota adalah pionir dalam mobil hybrid. Raksasa Jepang ini telah menjual lebih dari 14 juta mobil elektrifikasi di seluruh dunia sejak debut Prius pertama pada tahun 1997.


Latest News