news

27 Jan 2016

Toyota Gelontorkan Rp 4,9 Triliun, Demi Fortuner dan Kijang Innova Terbaru

Toyota Gelontorkan Rp 4,9 Triliun, Demi Fortuner dan Kijang Innova Terbaru

Toyota Gelontorkan Rp 4,9 Triliun, Demi Fortuner dan Kijang Innova Terbaru
Karawang -Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menggelontorkan investasi senilai Rp 4,9 triliun untuk mengembangkan All New Toyota Fortuner dan All New Kijang Innova.

Investasi besar selain untuk memperluas dan meningkatkan kapasitas pabrik. Dana segar ini juga untuk mengasah keterampilan sumberdaya manusia.

"Pertama, Fortuner dan Innova itu merupakan proyek seri Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV) Toyota. Ini merupakan model untuk pasar global yang juga model andalan Toyota," papar Wakil Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjanjono, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/1/2016).

Kedua, Indonesia kini menjadi basis produksi dan ekspor dari model MPV itu ke kawasan Asia-Pasifik. Oleh karena itu, kata Warih, selain meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas pabrik juga meningkatkan keterampilan para engineer.

"Kami kirim sumber daya manusia Toyota Indonesia ke Jepang. Karena memang setiap pengembangan suatu produk, apalagi yang versi terbaru pasti ada progress. Kita di Fortuner dan Innova itu ada sekitar 97 varian berdasar kebutuhan dan. Keinginan konsumen," paparnya.

Terlebih untuk pasar ekspor, soal kualitas baik desain, fitur teknologi keamanan dan kenyamanan menjadi tuntutan konsumen. Hasil pengembangan yang terus menerus, kata Warih, membuahkan hasil yang manis.

Terbukti, sejak diproduksi pada 2006, permintaan pasar domestik dan mancanegara terus naik. Dalam lima tahun terakhir mobil itu menjadi tulang punggung ekspor Toyota Indonesia dengan volume 174 ribu unit, sepanjang 2001 hingga 2015 atau rata-rata 34.800 unit per tahun.

Saat ini Fortuner diekspor ke kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. (arf/lth)

Latest News