news

02 Feb 2016

Toyota Kuasai Dunia 4 Tahun Berturut-turut

Toyota Kuasai Dunia 4 Tahun Berturut-turut

Tokyo -Toyota masih tercatat sebagai merek mobil paling laris di dunia, bahkan dalam empat tahun berurut-turut. Tahun lalu, pabrikan ini berhasil melego kendaraan bermotor sebanyak 10.151.000 unit.

Seperti dilaporkan Autoevolution, Toyota masih mengungguli merek asal Jerman, Volkswagen (VW) yang menjual 9.930.000 unit dan General Motors (GM) yang melego 9,8 juta unit.  Sepanjang semester pertama 2015, VW memang sempat menyisihkan Toyota dalam penjualan.

Namun, laju penjualan VW melambat setelah pada September tersengat skandal uji emisi mesin diesel. Dalam kasus ini, VW dituding telah melakukan kecurangan dengan menambahkan perangkat tertentu untuk mengelabui tingkat emisi gas buang hasil pembakaran mesin.

Hanya, meski masih tercatat sebagai merek terlaris, namun penjualan Toyota sepanjang 2015 itu turun 0,8 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2014, Toyota membukukan penjualan 10.230.000 unit, sementara VW menjual 10.140.000 unit.

Sejumlah kalangan menilai, jika VW tak tersandung skandal emisi, maka pertempuran dengan Toyota dalam penjualan akan berlangsung sengit. Sedangkan pada 2014, GM berhasil melego 9.920.000 unit.

Sebelum Toyota merajai dunia, GM adalah merek terlaris. Bahkan gelar juara penjualan tersebut dipegangnya hingga tujuh dekade.

GM kehilangan mahkota penjualan Toyota pada tahun 2008 yakni saat Amerika Serikat dibelit krisis ekonomi dan pabrikan itu menghadapi masalah keuangan. Perusahaan Amerika sempat kembali memimpin penjualan global selama satu tahun, yakni pada 2011.

Pada saat itu, Jepang dilanda tsunami dan gempa bumi, sehingga proses produksi produsen mobil terganggu. Toyota mulai berpikir untuk menggenjot penjualan di pasar negara berkembang, dan memndayagunakan Daihatsu yang sahamnya juga telah dimilikinya.

Selain itu, Toyota juga terus menggenjot penjualan varian berteknologi hybrid. Kini, untuk masa depan, Toyota telah mengembangkan mobil berbahan bakar hidrogen, Toyota Mirai.


Latest News