news

11 Dec 2015

Toyota: Mobil SUV akan Geser Popularitas Sedan

Toyota: Mobil SUV akan Geser Popularitas Sedan

Toyota: Mobil SUV akan Geser Popularitas Sedan

Washington -Toyota baru-baru ini merilis mobil SUV RAV yang lebih gagah. RAV4 memiliki eksterior yang lebih dinamis, interior model baru, mesin dengan standar emisi Euro5 dan fitur-fitur terbaru yang canggih seperti active safety teknologi bantuan untuk pengemudi.

Fitur keamanan terbaru antara lain kamera yang menghadap ke depan dan radar gelombang milimeter yang memicu rem secara otomatis untuk mencegah mobil mengalami kecelakaan.

Toyota berharap mobil ini akan sukses. Seperti diketahui mobil sedan Toyota Camary menjadi mobil terlaris di Amerika Serikat selama 13 tahun terakhir. Toyota meyakini, nantinya kesukesan Camry akan digantikan model Sport Utility Vehicle (SUV) compact RAV4.

Seperti diberitakan Jalopnik, Selasa(8/12/2015), Kepala Penjualan Toyota Amerika Bob Carter memprediksi, RAV4 akan terjual lebih banyak daripada Camry dalam lima tahun ke depan. Konsumen akan lebih memilih model SUV kecil sebagai mobil keluarga baru.

"Saya berani bertaruh dengan Anda bahwa ini akan terjadi. Banyak dari pembeli di bawah 35 tahun yang memasuki pasar sekarang, akan membesarkan SUV," kata Carter.

Dia menyebut, SUV seperti RAV4, Honda CR-V dan Ford Escape sekarang terjual lebih banyak daripada sedan mid-size seperti Camry atau Honda Accord.

Namun untuk tahun ini, lanjut Carter, Toyota baru akan menjual lebih dari 300.000 RAV4 dan sekitar 425.000 Camry dengan kondisi pasar sedan yang berkurang.

Bahkan, untuk menyambut kejayaan model SUV, Toyota akan mengimpor sebagian RAV4 dari Jepang untuk melengkapi RAV4 yang dibuat di Kanada. Toyota juga akan menambahkan pabrik kedua yang memproduksi RAV4 di Kanada untuk bisa memproduksi 400.000 unit per tahun di Amerika Utara.

"Ada pergeseran yang benar-benar dramatis dalam prefensi konsumen. Lima tahun lalu, jika seseorang mengatakan SUV compact akan mengalahkan sedan mid-size, saya mungkin membantah hal itu," kata Carter.

Di Amerika Serika, penjualan RAV4 melonjak 30 persen bulan lalu dan naik 16 persen tahun ini menjadi 283.546 unit sampai November. Namun, penjualan Camry turun 1,2 persen tahun ini menjadi 392.056 unit.


Latest News