news

12 Mar 2016

Toyota Vios di Indonesia Mau Ganti Mesin Baru?

Toyota Vios di Indonesia Mau Ganti Mesin Baru?

Toyota New Vios facelift sudah meluncur di Thailand, Jumat (4/3/2016). Selain ekterior dan interior, ubahan paling signifikan dilakukan pada sektor jantung pacu.

Sekarang, sedan mini itu menggendong mesin 1.5-liter 2NR-FBE, berteknologi dual VVT-I, menggantikan 1.5-liter 1NZ-FE yang sudah digunakan sejak generasi pertama. Lantas, apakah Vios di Indonesia juga akan menggunakan mesin terbaru?

Anton Jimmy, Kepala Divisi Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, Vios untuk pasar otomotif nasional itu diproduksi Complete Knock Down (CKD) di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan sekarang yang masih diproduksi tetap menggunakan mesin lama (1NZ-FE).

“Sementara ini masih tetap menggunakan mesin yang lama,” kata Anton kepada KompasOtomotif, melalui pesan singkat, Kamis (10/3/2016) sore.

Menurut Anton, sejauh ini mesin yang digunakan Vios masih cukup bagus. Tetapi, ke depannya TAM dan TMMIN akan terus melihat perkembangan pasar.

“Tentunya kita pelajari dan monitor terus kondisi pasar dan permintaan konsumen. Jadi sekarang ini kita tetap menggunakan mesin lama, tapi tidak tahu ke depannya,” ujar Anton.

New Vios 2016 menggunakan mesin 1.5L berkode 2NR-FBE dengan dual VVT-i bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru ini menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yang sudah digunakan sejak lama. New Vios 2016 juga dilengkapi dengan CVT.
Tipe mesin baru yang ada di balik kap itu bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Transmisinya tidak lagi menggunakan otomatis 4-percepatan, tetapi continuously variable transmission (CVT).

Lebih dari itu, New Vios juga dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC) plus Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), serta dua airbag.

Di Indonesia, Toyota terakhir meluncurkan Vios terbaru pada Mei 2013. Peluncurannya itu hanya berselang dua bulan setelah World Premiere di Bangkok, Thailand. Jadi, sudah waktunya sedan mini andalan Toyota di Indonesia itu bersolek.

Selain itu, sangat logis jika Toyota menggunakan mesin baru, otomatis biaya produksi akan lebih murah, mengingat model (mesin) lama sudah semakin minim jumlahnya. Indikasi lain, pabrik ketiga TMMIN di Karawang sudah diresmikan dan mulai memproduksi mesin baru 1.5-liter 2NR-FBE tersebut.

Speksulasinya, mesin baru pada Vios di Thailand, tidak lain adalah mesin buatan TMMIN yang diekspor dari Karawang!


Latest News