news

08 Mar 2016

Toyota Vios

Toyota Vios "Facelift" Berbagi Teknologi dengan Sienta

Toyota meluncurkan New Vios facelift di Thailand, Jumat (4/3/2016). Bukan hanya sekadar make-up di sana-sini, sedan mini Toyota ini sekarang menggunakan pilihan mesin baru yang hampir pasti diikuti langkah serupa di Indonesia.

New Vios menggunakan mesin baru, berkapasitas sama, 1.5L berkode 2NR-FBE berteknologi dual VVT-i dengan tenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru itu menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yang sudah digunakan sejak generasi pertama. Mesin baru ini juga yang akan digunakan model terbaru, Toyota Sienta.

Kenyataannya, pengenalan New Vios dengan mesin baru pekan lalu, seiring dengan peresmian pabrik ketiga Toyota Indonesia Motor Manufacturing (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, Senin (7/3/2016) yang memproduksi mesin yang sama. Selain digunakan lokal, mesin baru itu juga bakal diekspor.

Meski pihak Toyota Inodnesia belum mau bicara, kemungkinan besar mesin ini diekspor juga ke Thailand untuk menopang perakitan Vios dan Yaris, karena memang berbagi mesin sama.

New Vios 2016 menggunakan mesin 1.5L berkode 2NR-FBE dengan dual VVT-i bertenaga 108 tk dan torsi 140 Nm. Pilihan baru ini menggantikan tipe lama 1.5L 1NZ-FE yang sudah digunakan sejak lama. New Vios 2016 juga dilengkapi dengan CVT.Mesin anyar Vios tidak bisa pakai transmisi otomatis 4-percepatan lama, sebab itu dipensiunkan lantas diganti dengan continuously variable transmission (CVT). Toyota Motor Thailand mengklaim mesin dan transmisi baru membuat Vios jadi lebih irit. Transmisi manual 5-percepatan tidak lagi ditawarkan.

Selain itu Vios juga dibekali Vehicle Stability Control (VSC) plus Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), serta dua airbag. Fitur itu standar untuk semua varian di Thailand, jadi semakin menarik menanti pilihan spesifikasi baru untuk Indonesia.

Exclusive

Eksterior tidak beda rupa dibanding sebelumnya. Hanya saja hadir tipe baru di Thailand dengan emblem “Exclusive”. Tipe ini menggunakan kit bodi dengan LED daytime running light, jok kulit hitam, dasbor abu-abu, kemudi piano black, serta sistem hiburan T-Connect dalam layar monitor 7 inci.

New Vios hanya sedikit lebih mahal. Paling murah 599.000 baht (Rp 220,6 juta), naik sekitar tiga persen dari model lama yang dijual terendah 589.000 baht (Rp 216,9 juta).

Toyota New Vios rencananya bakal dipamerkan di Bangkok International Motor Show yang akan digelar bulan ini. Setelah itu kemungkinan Toyota Indonesia juga ikut meluncurkan New Vios.

Menarik juga memerhatikan harga jual New Vios yang hanya naik tipis di Thailand meski menggunakan mesin dan transmisi baru. Seharusnya hal serupa terjadi di Indonesia mengingat sekarang Vios berikut mesinnya sudah diproduksi di dalam negeri


Latest News