news

02 Dec 2019

Untuk Alasan Safety, Mobil Operasional Tambang Wajib Dimodifikasi

Untuk Alasan Safety, Mobil Operasional Tambang Wajib Dimodifikasi

Mobil yang beroperasional di wilayah pertambangan butuh spesifikasi khusus supaya layak digunakan. Paling utama adalah keharusan memiliki sistem penggerak semua roda.

"Pilihan transmisinya bisa manual atau matik. Tapi wajib pakai sistem penggerak 4 x 4," ujar Site Manager PT MIL (Mitra Indah Lestari) Agus Malahadi, dalam agenda Auto2000 Media Exploration Kalimantan, di Sungai Siring Samarinda, belum lama ini.

Lanjut Agus menjelaskan, mobil SUV 4 x 4 double cabin maupun single cabin, jadi pilihan terbaik bagi para operator pertambangan untuk bekerja di situs pertambangan. "Kalau yang 4 x 2 biasanya dipakai di kantor aja," terangnya.

Menurut Agus, tidak perlu lagi modifikasi khusus di kendaraan 4 x 4. "Paling ganti ban (yang lebih ngegrip) dan penambahan aksesori," katanya lagi.

Jika detikers perhatikan, pada mobil SUV yang beroperasi di area pertambangan biasanya memiliki tambahan lampu sirine dan antena panjang dengan bendera kecil, yang ditempatkan di sebelah kiri bemper depan.

Demi Safety, Mobil Operasional Tambang Perlu Dimodifikasi

Fungsi kedua alat tersebut adalah sebagai tambahan perangkat safety. Seperti diketahui di area pertambangan banyak sekali truk-truk besar yang lalu lalang. Selain itu banyak juga terdapat area blindspot, seperti belokan dan tanjakan.

Demi Safety, Mobil Operasional Tambang Perlu Dimodifikasi

Dengan adanya lampu sirine dan antena yang panjang, itu akan sangat membantu para pengemudi truk untuk mengetahui keberadaan kendaraan berdimensi lebih kecil di sekitarnya. Potensi kecelakaan pun dapat diminimalisasi.


Latest News