blog

23 Feb 2021

4 Penanganan Terbaik Jika Mobil Terendam Banjir

4 Penanganan Terbaik Jika Mobil Terendam Banjir

Bagi pengendara mobil, musim hujan menjadi musuh terbesar. Terlebih ketika banyak genangan air sepanjang jalan yang bisa membuat mobil mogok. Banjir menjadi saat yang meresahkan bagi seluruh pengendara karena akan merusak mesin. Bagi Anda yang memiliki kendaraan terendam banjir, simak 4 hal berikut ini yang wajib dilakukan.
 

  1. Dilarang Menyalakan Mesin 

Jika mobil Anda terendam air, hal pertama yang harus di lakukan adalah cek terlebih dahulu kedalaman air jangan langsung menyalakan mesin mobil ya. Diamkan dulu hingga air mengering karena jika langsung dinyalakan akan berpotensi merusak mesin yang disebabkan oleh korsleting. 

Pastikan Anda melepas Aki dan jika mesin masih belum bisa berjalan, disarankan untuk memanggil mekanik agar mesin dapat dicek secara keseluruhan.

 

  1. Bersihkan dan keringkan bagian dalam mobil 

Air banjir yang masuk ke mesin mobil dan tangki oli bisa menyebabkan kerusakan parah. Anda harus bersihkan setiap bagian unit mobil seperti jok, radio, hingga rem mobil. Ganti oli Anda karena posisi tangki oli yang berada di bawah kemungkinan air masuk lebih banyak. Konsultasikan kepada mekanis atau dealer mobil terdekat sehingga Anda bisa membersihkan mobil tanpa harus merusak bagian terpenting mobil.

 

  1. Jangan menyiram air ke dalam lubang filter udara 

Wajar jika mobil terkena banjir akan menimbulkan bau tidak enak dan Anda berinisiatif untuk membersihkan lubang filter udara. Tapi Anda harus lebih berhati - hati karena air yang dimasukkan ke lubang filter udara akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah, karena akan ada lumpur atau pasir yang menempel.

 

  1. Bawa mobil Anda ke bengkel

Sebelum Anda membersihkan mobil dari sisa banjir, pastikan Anda mengerti kondisi mobil. Tidak banyak pemilik mobil yang tahu persis posisi mesin, hingga unit penting yang krusial dengan jenis mobil yang dimiliki. Bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya agar mendapatkan solusi yang tepat. 

Baca informasi terupdate mengenai kendaraan anti banjir, rental mobil, mobil operasional kantor, sewa bus, sewa mobil, Rental Avanza hingga sewa Alphard di  laman Rent Jennete , jasa rental mobil atau sewa mobil atau  menghubungi WhatsApp +6288 1111 508.


Latest Blog


Silahkan hubungi kami