blog

27 Jan 2021

4 Tips Cara Berkendara Aman saat Musim Hujan

4 Tips Cara Berkendara Aman saat Musim Hujan

Musim hujan sudah tiba, sebagai pengendara baik kendaraan roda dua atau roda empat, harus mulai memperhatikan kondisi kendaraan hingga perlengkapan untuk menghadapi cuaca di musim hujan. Extra hati-hati dalam berkendara saat musim hujan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Periksa lampu, tekanan udara dan ban kendaraan Anda

Memeriksa mesin mobil atau motor dan perlengkapan kendaraan secara rutin sebelum menggunakannya dapat mengurangi resiko saat berkendara karena keamanan adalah yang terpenting bagi pengemudi dan penumpang. Cek kendaraan dari mesin, lampu kendaraan, tekanan udara ban yang pas hingga ban kendaraan Anda. Pastikan bahwa Anda menggunakan kendaraan layak untuk dibawa.

  • Hindari genangan air

Saat berkendara di musim hujan, kerap kali melewati jalanan berlubang. Pengendara  perlu mengetahui medan perjalanan agar ban tidak tergelincir. Hindari menerobos genangan air karena bisa saja terdapat lubang yang tidak terlihat dan berbahaya bagi pengendara. Usahakan untuk selalu menyalakan lampu karena saat hujan terdapat kabut yang dapat mengganggu pengelihatan.

  • Kurangi kecepatan berkendara

Hujan deras yang membasahi kaca sehingga muncul embun akan mengganggu jarak pandang. Dengan mengurangi kecepatan berkendara, Anda dapat mengurangi resiko dalam berkendara. Utamakan keselamatan dan atur posisi mengemudi. Periksa kaca spion agar tetap bisa melihat kondisi sekitar.

  • Perhatikan jarak aman

Jaga jarak aman Anda dengan kendaraan lain. Pastikan tidak terlalu dekat sehingga Anda memiliki waktu untuk menginjak rem. Terlebih jika kondisi hujan lebat dan bisa membuat mobil atau motor Anda tergelincir karena kondisi jalanan yang basah.

Menjadi pengendara yang baik perlu menyadari kondisi cuaca. Jika Anda dapat lebih berhati-hati dengan tips di atas, maka Anda juga telah menyelamatkan pengendara lain juga loh. Yuk perhatikan kondisi kendaraan hingga jalur kendaraan agar bisa sampai tujuan dengan selamat.

Jika Anda membutuhkan kendaraan sewa mobil atau sewa motor, Anda dapat menghubungi laman Rent Jennete , jasa rental mobil atau sewa mobil atau   menghubungi WhatsApp +6288 1111 508.


Latest Blog