blog

31 Mar 2021

6 Tips Mudik Sesuai Protokol Kesehatan

6 Tips Mudik Sesuai Protokol Kesehatan

Keputusan pemerintah untuk mudik lebaran 2021 masih membingungkan public hingga saat ini keputusan mudik lebaran pun masih terus dipantau untuk Anda yang sudah rindu kampung halaman. Walaupun tahun lalu pemerintah melarang mudik lebaran, libur lebaran tahun ini masih belum diperbolehkan. Untuk Anda yang sudah melalui proses vaksin, bukan berarti Anda kebal terhadap virus Covid 19 ini. Pemerintah tetap ketat memerintahkan masyarakat untuk patuh mengikuti protokol kesehatan baik di dalam rumah ataupun di luar rumah.
Saat ini pemerintah sudah melakukan tindakan untuk memerangi Covid 19 dalam saat mobilisasi terjadi. Misalnya dengan mewajibkan masyarakat untuk melakukan test PCR atau Antigen dan tes GeNose di sejumlah transportasi umum demi menekan angka korban terkena virus.
Meskipun hal yang terbaik adalah tetap di rumah saja, pasti ada saja sebagian masyarakat yang pulang ke kampung halaman demi bertemu sanak keluarga.  Sebaiknya Anda mengikuti 6 tips mudik ini agar tetap sehat sampai tujuan dan sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan.

  • Mengikuti test Covid 19 sebelum 2 hari keberangkatan

Pastikan Anda dan keluarga tersayang sudah di test dan memiliki hasil yang negatif. Disarankan untuk melakukan PCR test karena memiliki akurasi yang lebih besar dibandingkan Antigen dan GeNose. Sebaiknya Anda melakukan test 2 hari sebelum keberangkatan dan diam dirumah agar tidak terpapar virus.

  • Menggunakan masker 3 lapis

Pilih masker medis, memiliki setidaknya 3 lapis atau bisa juga menggunakan masker KN95 yang sudah terbukti ampuh menghindari paparan virus. Pastikan Anda menggunakan masker dengan benar, kencangkan tulang masker agar masker menempel dan tidak ada udara yang masuk tanpa melalui filter masker. Jika sedang melakukan aktifitas yang tidak bisa menggunakan masker sepeti makan dan minum, pastikan tangan Anda sudah dibersihkan dengan disinfektan. Disarankan ganti masker Anda yang sudah terkena benda lain.

  • Menghindari kontak fisik

Saat sedang berada di tempat peristirahatan. Saat libur mudik tiba, banyak kendaraan yang akan beristirahat karena mudik lebaran merupakan tradisi Indonesia, maka hal ini dapat menimbulkan resiko tertularnya virus Covid 19 dengan sangat mudah. Lantas, apa yang harus di lakukan? Jaga jarak, antri dengan batasan 1-2 meter, hindari kerumunan, pastikan Anda tidak memegang benda yang belum terjamin kebersihannya.

  • Menyemprotkan disinfektan secara berkala

Membawa disinfektan merupakan hal wajib yang tidak boleh terlewatkan. Gunakan disinfektan yang mengandung alkohol dan semprotkan di tangan serta benda yang Anda bawa selama perjalanan.

  • Pastikan konsumsi vitamin

Jika protokol diatas sudah dilakukan, jaga antibodi dengan minum vitamin, madu sebagai tameng agar tidak terpapar. Pastikan juga Anda membawa bekal atau snack yang baik untuk kesehatan Anda.

  • Bersihkan kendaraan mobil sebelum & sesudah

Coba untuk bersihkan Mobil sebelum berangkat dan sesudah sampai tujuan untuk memastikan mobil Anda aman dari virus. Jika Anda tidak memiliki kendaraan untuk mudik, Anda bisa sewa mobil lebaran 2021 yang aman dan sudah mengikuti protokol kesehatan dengan klik  laman Rent Jennete , jasa rental mobil atau sewa mobil terlengkap dan terpercaya atau  menghubungi WhatsApp +6288 1111 508.  Semoga tips mudik aman ini dapat membantu ya!

 


Latest Blog