blog

24 Jun 2022

7 Oleh-Oleh Khas Bali, Wajib Bawa Pulang!

7 Oleh-Oleh Khas Bali, Wajib Bawa Pulang!

Sudah bukan rahasia umum jika Bali menjadi daerah wisata ternama di dunia, saking besar namanya banyak warga asing yang mengira Bali adalah sebuah negara.

Hal tersebut terjadi tidak lain karena keindahan dan keanekaragaman area wisata yang dimiliki, tidak hanya itu disana juga banyak makanan khas dan oleh-oleh khas Bali yang ikonik.

Bahkan beberapa jenis oleh-oleh khas Pulau Dewata ini, hanya bisa Anda dapatkan jika tengah berlibur kesana.

Simak apa saja rekomendasi oleh-oleh dari Bali yang bisa Anda bawa pulang akan dalam artikel ini.

Rekomendasi Terbaik Oleh-Oleh Khas Bali

Sebagai kota dengan ratusan area wisata, pastinya ada beberapa best rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang hanya ada di Bali. 

Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh yang wajib Anda bawa pulang jika berkunjung ke Bali:

1. Pie Susu

Kue yang memiliki rasa manis dan renyah ini, memang sudah terkenal menjadi salah satu makanan khas Bali.

Membawa pulang jajanan ini sebagai oleh-oleh khas Bali, pada umumnya pie susu dibuat dengan topping susu yang creamy.

Walaupun kini perkembangan pie susu semakin berkembang, apalagi dengan munculnya berbagai topping baru yang unik dan lezat.

Rata-rata harga 1 kotak pie susu adalah Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000, yang isinya ada 10 buah pie susu lezat dengan 1 toping atau pilihan toping lain yang Anda inginkan.

Salah satu brand pie susu yang melegenda di Bali adalah Pes Susu Enaaak, brand ini telah berdiri sejak tahun 1989 silam.

Anda bisa mendapatkan produk ini dengan datang ke gerainya, yang berada di area Jl Nangka Selatan No. 1163, Dangin Puri Kaja, Denpasar.

2. Pia Legong

Best rekomendasi oleh-oleh khas Bali berikutnya adalah Pia Legong, walaupun sama-sama kue manis namun kue ini sangat berbeda dengan pie susu.

Karena memang notabene kedua makanan ini, memiliki base dan jenis makanan yang berbeda antara satu dan lainnya.

Pia Legong adalah salah satu santapan asli Tiongkok, yang telah melebur menjadi makanan khas Bali dengan adanya brand Pia Legong.

Saking terkenalnya jajanan Bali satu ini, banyak wisatawan dan penikmat makanan manis yang rela mengantri berjam-jam bahkan memesan dari jauh hari.

Harga dari 1 kotak Pia Legong mulai dari Rp. 100.000 dengan isi 10 buah, Brand ini hanya menyediakan Pia dengan jumlah yang terbatas. 

Untuk setiap pembeli on the spot tanpa memesan, hanya dibatasi untuk membeli maksimal 5 kotak saja.

Pusat dari Pia Legong berada di daerah Jl. Raya By Pass Ngurah Rai di Ruko Kuta Megah No. 15, yang beroperasi dari jam 09.00 hingga 17.00 saja.

3. Kebaya Bali

Oleh-oleh khas Bali yang ketiga datang dari dunia fashion, seperti kebaya pada umumnya oleh-oleh ini juga memiliki ornamen bunga dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda. 

Namun yang jadi dengan kebaya lain adalah ornamen yang digunakan dan juga batik yang digunakan, batik dari Bali memiliki ciri khas yang menggambarkan kebudayaan masing-masing.

Bagi traveler muslimah, Anda juga bisa membeli setelah kebaya muslim yang dilengkapi dengan hijab yang ciamik.

Harga dari mode fashion ini sangat beragam, tergantung tingkat kesulitan, bahan dan setelan yang diinginkan.

Pada umumnya kebaya Bali di jual dengan kisaran harga Rp. 200.000 hingga jutaan rupiah untuk satu stel kebaya atas bawah.

4. Udeng Bali

Udeng merupakan salah satu mode fashion atau bisa dibilang pakaian adat pria di Bali, udeng sendiri adalah semacam kain yang digunakan untuk menutup kepala bagi warga Bali.

Pada awalnya udeng digunakan para warga Bali sebagai salah satu pelengkap upacara adat disana, namun dewasa ini udeng bisa digunakan pada berbagai aktivitas termasuk oleh turis.

Walaupun di Jawa juga ada udeng namun udeng di Bali sangat berbeda, perbedaan mencolok terlihat dari corak dan aksen warna yang lebih cerah pada udeng Bali.

Udeng sendiri ada dua jenis dari yang manual maupun sudah paten, dalam bentuk manual Anda bisa membeli udeng dalam bentuk kain dan akan dibentuk sendiri saat akan memakainya.

Anda bisa membeli udeng di berbagai gerai, butik, hingga pedagang yang menjajakan udengnya di area sekitar pura.

5. Kain Bali

Kain Bali merupakan salah satu oleh-oleh khas Bali yang menjadi incaran para turis, baik turis domestik hingga mancanegara.

Bagaimana tidak balutan kain yang indah dengan beraneka macam motif dan juga pilihan warna cerah, pastinya akan sangat anggun jika Anda gunakan untuk melengkapi fashion style Anda.

Motif yang paling banyak digunakan adalah motif bunga, dengan pilihan warna full colour. Tak jarang Anda akan sering menjumpai turis yang berjalan-jalan mengenakan kain ini.

Bahan kain Bali ini sangat lembut dan adem jika digunakan, selain itu Anda bisa menggunakan kain ini untuk segala keperluan fashion seperti outer, rok hingga scarf.

Kisaran harga untuk 1 kain Bali adalah sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 100.000 tergantung motif, bahan, tingkat kesulitan dan lokasi jualnya.

6. Kopi Kintamani

Bagi Anda penikmat kopi, pasti Anda sudah tidak asing dengan nikmatnya seduhan kopi kintamani khas Bali ini,

Kopi kintamani adalah salah satu kopi dengan grade terbaik yang ada di Bali, rasanya yang khas dan sangat unik ini hanya bisa Anda temukan pada biji kopi yang tumbuh di Bali.

Bahkan kualitas kopi ini juga sudah terkenal hingga ke tingkat internasional, dan menjadi salah satu kopi arabika andalan para peracik kopi di seluruh dunia.

Kopi kintamani sangat cocok menjadi oleh-oleh khas Bali, Anda bisa membeli kopi ini dalam bentuk bijian maupun siap seduh.

Kemasan kopi yang berbeda-beda, memiliki alasan tersendiri. Misal pemilihan kain goni pada biji kopi, kain ini dipercaya bisa melindungi kopi dan mengeluarkan cita rasa kopi lebih mendalam.

Kopi ini bisa Anda beli dengan harga yang bervariasi, tergantung ukuran, berat, kualitas kopi serta bentuk kopi.

Anda hanya perlu menyediakan dana mulai dari Rp. 30.000 hingga ratusan ribu untuk bawa pulang kopi kintamani ini.

7. Kaos Joger

Rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang terakhir, pastinya kaos joger yang hanya ada di Bali. kaos yang terkenal dengan sablonan kata-kata unik khas Bali ini menjadi salah satu incaran turis.

Bagaimana tidak, dengan mengenakan kaos joger saja orang tahu bahwa kaos itu adalah oleh-oleh dari Bali.

Kata-kata dari kaos ini sangat unik dan terkadang menggelitik, selain kaos Joger juga menjual berbagai perlengkapan fashion lain seperti topi, sandal, celana dan aksesoris.

Nah itulah 7 rekomendasi oleh-oleh khas Bali, yang harus Anda bawa pulang saat berlibur ke pulau Bali.

Untuk menjelajahi dan menemukan beberapa aktivitas dan tempat wisata seru, Anda bisa gunakan layanan sewa mobil Jennete Rent untuk menghemat biaya transportasi saat liburan. 

Kami menyediakan berbagai jenis kendaraan baik itu lepas kunci atau dengan supir dengan harga yang bersahabat. 

Yuk, reservasi sekarang atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut. 

 


Latest Blog


Silahkan hubungi kami