blog

23 Feb 2022

9 Rekomendasi Kuliner Semarang yang Banyak Dicari!

9 Rekomendasi Kuliner Semarang yang Banyak Dicari!

Berbicara tentang Kota Semarang, selain tempat wisata tentu kulinernya yang selalu dirindukan. Memangnya, apa saja, sih kuliner Semarang?

Kami sudah merangkum beberapa kuliner legendaris Semarang, yang wajib Anda cicipi saat tengah berlibur atau berkunjung ke kota ini. 

Berwisata ke Kota Semarang akan lebih seru lagi bersama teman atau keluarga dengan menggunakan layanan sewa mobil dari Jakarta, yaitu Jennete Rent!

Anda bisa sewa mobil lepas kunci ataupun bersama driver yang berpengalaman. 

Kondisi mobil dijamin prima karena mendapatkan perawatan secara berkali. Yuk, reservasi sekarang!

9 Kuliner Semarang yang Lezat dan Banyak Dicari 

Ibu kota dari Jawa Tengah ini merupakan salah satu surga kuliner di Pulau Jawa. Bukan berlebihan, tetapi makanan khas yang disajikan memang akan menggoyang lidah kita. 

Kuliner Semarang identik dengan rasa manis serta bahan-bahan tradisional. Meskipun beberapa juga ada yang merupakan hasil akulturasi budaya penduduk setempat. 

Oleh karenanya, ada juga kuliner Semarang non-halal yang menjadi ciri khasnya diantara sajian lainnya yang lebih umum dan kental citarasa nusantaranya. 

Berikut ini beberapa kuliner khas, yang wajib Anda coba dan bisa dijadikan buah tangan ketika berkunjung ke sana. 

1. Tahu Gimbal 

Dari namanya saja, sudah dapat ditebak bahwasanya bahan baku utama makanan ini adalah tahu. 

Sementara kata gimbal sendiri disematkan, karena tampilan saat penyajian terdapat pelengkap yang tampil layaknya rambut gimbal atau kusut. 

Ya, makanan yang sekilas mirip dengan ketoprak dari Jakarta ini adalah sajian berbahan tahu dan juga udang goreng tepung yang tampak gimbal. 

Ada pula lontong dan kol yang diiris tipis juga kerupuk udang sebagai pelengkapnya. Disiram saus kacang dan juga campuran petis, membuat citarasanya kian unik dan otentik. 

Dari sekian banyak gerai atau warung yang menjual kuliner ini, warung H. Edy yang paling direkomendasikan bahkan oleh Pemkot setempat. 

2. Lumpia 

Anda tentu tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Meski bisa ditemui di beberapa kota yang ada di Pulau Jawa, Semarang adalah kota asalnya. 

Itulah mengapa, Semarang juga kerap disebut dengan Kota Lumpia. Jadi, belum ke Semarang jika ke sana tapi tidak mencicipi makanan ini. 

Isian lumpia cukup beragam, mulai dari ayam suwir, rebung, atau bahkan kombinasi keduanya dengan ditambah ebi, kecap, telur juga sayuran. 

Di Semarang, ada dua jenis lumpia yakni lumpia basah dan juga lumpia goreng yang renyah. 

Cara makannya pun berbeda-beda, ada yang dicocol  saus segar, atau dimakan begitu saja. Sebagai pelengkap ada acar, cabai rawit dan juga tunas bawang atau lokio. 

3. Gudangan 

Melihat tampilannya, Anda akan teringat dengan urap-urap. Berbahan dasar sayuran rebus dan ditambah dengan sambal gudangan atau bumbu urap dari kelapa parut. 

Bumbu dari sambal gudangan ini lah yang menjadi daya tarik sekaligus ciri khasnya. Aroma kencur juga daun jeruk, menjadi ciri khas sambal gudangan ini. 

Sebagai pelengkap penyajian, biasanya akan ditambahkan rempeyek dan juga telur rebus, serta ikan asin atau gereh. 

Sajian tradisional yang nikmat ini, termasuk juga dalam kuliner Semarang murah tetapi dengan rasa mewah. 

4. Roti Ganjel Rel 

Kuliner Semarang yang satu ini, cocok sekali dijadikan buah tangan atau oleh-oleh setelah berkunjung ke sana. 

Roti khas dari Semarang ini bentuknya mirip dengan alat musik gambang yang kotak dan berwarna coklat. 

Di atasnya ditaburi wijen sebagai topping. Teksturnya agak keras, itulah mengapa dinamakan Roti Ganjel Rel atau pengganjal rel kereta api. 

Oleh karena teksturnya yang keras dan padat tersebut, roti ini mampu membuat Anda kenyang dengan memakannya dua potong saja. 

Biasanya, roti unik ini dibagikan pada momen dugderan atau awal puasa Ramadhan, dengan filosofi mampu menahan hambatan atau ganjalan selagi berpuasa nantinya. 

5. Garang Asem Ayam 

Kuliner tradisional khas Semarang yang satu ini, akan membuat nafsu makan Anda naik berkali-kali lipat. 

Berbahan dasar ayam, dimasak dengan kuah santan kental dan juga belimbing wuluh juga cabai rawit. 

Penggunaan daun pisang sebagai pembungkus saat diolah, memberikan aroma sedap dan khas pada sajian tradisional yang mulai jarang ini. 

Biasanya, akan disajikan bersama nasi hangat, sate jeroan, tempe goreng, dan juga perkedel. Ayam yang digunakan juga harus ayam kampung. 

Itulah mengapa, sajian khas Semarang ini begitu lembut dan nikmat serta kaya aroma rempah khas Indonesia. 

Proses memasak yang cukup lama dan sulit, membuat harga kuliner ini cukup mahal tetapi sebanding dengan kenikmatannya. 

6. Mangut Kepala Ikan Manyung 

Bagi Anda pecinta olah ikan, wajib mencicipi sajian ini. Mangut kepala ikan manyung ini begitu gurih dan kaya rempah, membuat Anda ingin tambah. 

Menu kepala ikan dengan kuah santan serta bumbu-bumbu khas Indonesia ini, menjadi salah satu favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang bertandang ke Semarang. 

7. Mie Kopyok 

Anda tentu sudah bisa menebak jika bahan dasar masakan ini adalah mi. Hal yang membedakan dari mie lainnya adalah pelengkap penyajiannya. 

Mie kopyok disajikan bersama tetelan daging dan juga gendar. Gendar merupakan kerupuk yang bahan dasarnya adalah nasi. 

Selain itu juga ada lontong, tahu juga kecambah sebagai pelengkap makanan ini. 

Keunikannya, yaitu bumbu putih yang diulek bersama bawang goreng dan kecap di mangkok sesaat sebelum disajikan. 

8. Soto Bangkong 

Semarang juga punya soto yang khas. Bedanya dari soto pada umumnya adalah warna kuah yang sedikit kecoklatan tetapi bening  atau encer. 

Pada saat penyajian, maka akan ditambahkan tauge, bihun, tomat yang diiris-iris, juga bawang merah dan bawang putih goreng. 

Biasanya, soto ini disajikan dalam mangkuk berukuran kecil dan agak tinggi. Warung yang menjual menu ini akan menyediakan berbagai lauk pendamping. 

Mulai dari tahu goreng, tempe goreng, perkedel, sate kerang ataupun sate telur puyuh. Kuah segar dengan bumbu khas nusantara, siap memanjakan lidah penikmatnya. 

9. Bandeng Presto 

Ini juga salah satu kuliner Semarang yang terkenal seperti halnya lumpia. Banyak wisatawan yang menjadikan olahan ikan ini sebagai oleh-oleh usai berkunjung kemari. 

Meski Anda sendiri mungkin bisa membuat sajian ini, tetapi bandeng presto khas Semarang memiliki ciri khasnya tersendiri. 

Mulai dari daun pisang yang dijadikan alas saat memasak. Hingga bumbu dasar yang dibalurkan pada bandeng sebelum dipresto. 

Tingkat keempukannya pun tidak perlu diragukan. Sangat pas, sehingga daging ikan menjadi lembut tetapi tidak hancur. 

Sangat menggoda bukan, sajian khas Semarang? Jadi, mana yang menjadi favorit Anda?

Selain menu sajian yang kami rekomendasikan di atas, masih ada banyak lagi sajian khas Semarang yang wajib Anda coba. 

Baik berupa jajanan ataupun masakan dengan bumbu nusantara. Anda harus sempatkan untuk mencicipi kuliner Semarang ketika berlibur ke sana. 

Salah satu tujuan wisata dan surga kuliner di Pulau Jawa yang akan sangat sayang jika Anda lewatkan.

Dijamin, wisata kuliner tersebut akan membuat Anda rindu untuk kembali mengunjungi kota dengan bangunan-bangunan tua nan cantik dan juga kental akan sejarah ini. 
 


Latest Blog


Silahkan hubungi kami