blog

18 Apr 2022

9 Tips Staycation Selama Pandemi Biar Tetap Aman

9 Tips Staycation Selama Pandemi Biar Tetap Aman

Simak beberapa tips di bawah ini agar bisa staycation bersama keluarga di saat pandemi dengan aman dan tentunya nyaman!

Setelah berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan akibat pandemi, Anda pasti sangat rindu dengan vibes liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat. 

Jangan khawatir, di masa pandemi ini Anda tetap bisa merasakan liburan yang menyenangkan dan memuaskan tanpa harus keluar kota.

Aktivitas seru tersebut biasa dikenal dengan istilah staycation

Anda bisa mengajak keluarga, sahabat, rekan-rekan, atau orang-orang terdekat Anda untuk staycation guna menuntaskan rasa kangen ingin berlibur dan quality time

Namun, karena menghadapi situasi dan kondisi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi, Anda perlu menerapkan beberapa tips staycation.

Tidak hanya menjaga agar staycation tetap seru dan menyenangkan, namun Anda beserta keluarga juga tetap aman dari risiko penularan virus Covid-19.

1. Pastikan Kondisi Anda dan Keluarga Sehat

Tips staycation saat pandemi yang pertama adalah memastikan tubuh dalam kondisi sehat. 

Tidak hanya diri Anda sendiri, Anda juga perlu memastikan kondisi kesehatan keluarga dan teman-teman yang ingin Anda ajak untuk staycation

Jika merasa kurang fit dan tidak enak badan, lebih baik tetap di rumah dan istirahat. 

Apalagi jika menunjukkan gejala yang mirip dengan Covid-19, seperti batuk, demam, diare dan lain-lain.

2. Kosongkan Jadwal Anda

Di era work from home seperti sekarang, mungkin Anda kesulitan untuk membagi waktu antara bekerja dengan waktu bersantai. 

Jadi, saat Anda sudah memutuskan untuk pergi staycation dengan keluarga, usahakan untuk mengosongkan jadwal Anda selama beberapa hari ke depan. 

Tentu saja, ini memerlukan beberapa perencanaan agar nantinya tidak terlalu banyak pekerjaan yang menumpuk saat Anda kembali dari staycation.

Blokir tanggal di kalender Anda yang kiranya memiliki lebih banyak waktu luang untuk meminta izin cuti kepada atasan Anda. 

Jangan lupa untuk selesaikan tugas dan pekerjaan sebelum pergi staycation Anda dan hindari memeriksa email atau aplikasi chat Anda. 

Untuk sementara waktu, tidak ada salahnya untuk membisukan notifikasi media sosial dan fokus untuk menciptakan quality time dengan keluarga tercinta.

Beri tahu rekan kerja tentang rencana staycation Anda bersama keluarga sehingga mereka tahu kapan bisa menghubungi Anda kembali.

3. Sewa Mobil untuk Staycation

Terlepas dari kelonggaran setelah masa PPKM, virus corona masih ada dan Anda masih harus waspada, tak terkecuali dalam merencanakan staycation.

Mulai dari pemilihan moda transportasi, memilih tempat menginap, dan lain sebagainya. Untuk moda transportasi, menyewa mobil bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Dengan menyewa mobil bersama Jennete Rent, Anda dan keluarga bisa memilih jenis kendaraan yang performanya terjamin andal, terpelihara dengan baik, dan didukung oleh fasilitas yang sangat nyaman.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot memikirkan urusan biaya servis, maintenance, dan bahkan asuransi jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hal ini dinilai lebih menguntungkan daripada menggunakan mobil pribadi.

Temukan berbagai opsi pilihan mobil sesuai dengan kebutuhan Anda di sini

4. Pilih Hotel yang Memiliki Standar Kebersihan Tinggi

Tips staycation selanjutnya di masa pandemi adalah Anda harus memilih dan memesan hotel yang sudah menerapkan standar kebersihan sesuai dengan yang telah ditetapkan. 

Biasanya hotel yang sudah menerapkan kebijakan ini punya tanda yang bisa dilihat saat dibuka oleh aplikasi booking hotel dan travel online

Yang tak kalah penting, Anda harus membaca review hotel yang akan Anda pesan berdasarkan ulasan kebersihannya. 

Ulasan tentang kebersihan biasanya ditulis oleh tamu hotel yang pernah menginap di hotel tersebut.

Denagn demikian, Anda dapat mengetahui seberapa bersih kamar yang akan Anda tempati dan seluruh area hotel.

Umumnya hotel yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat akan rutin menyemprot tempat dan fasilitas di are hotel dengan cairan disinfektan setiap beberapa jam sekali.

Selain itu, di hotel tersebut juga tersedia fasilitas tempat cuci tangan yang memadai, mewajibkan seluruh staf dan tamu untuk memakai masker, dan lain-lain.

5. Bawa Perlengkapan Sanitasi

Membawa peralatan sanitasi pribadi menjadi hal wajib dan termasuk tips staycation yang sangat penting. 

Meskipun Anda telah memilih hotel yang menerapkan protokol kesehatan, ada baiknya jika Anda juga membawa perlengkapan sanitasi sendiri untuk jaga-jaga. 

Misalnya, stok masker non medis (3 lapis), hand sanitizer, tisu basah, dan face shield bila perlu.

Simpan peralatan saniter Anda dalam wadah khusus agar tidak bingung saat mencarinya nanti.

6. Minimalkan Kontak Fisik Saat Proses Check In

Setelah memilih tempat penginapan yang tepat, sebisa mungkin Anda harus menghindari kontak fisik saat proses check in

Biasanya pada saat proses check in, resepsionis akan membutuhkan tanda tangan Anda sebagai persetujuan untuk menginap di hotel. 

Daripada menggunakan pulpen milik resepsionis yang sudah dipakai banyak orang, ada baiknya bila Anda membawa pulpen sendiri agar lebih aman. 

Anda juga bisa memilih untuk melakukan proses check in online atau self check in jika hotel yang Anda kunjungi menyediakan layanan tersebut. 

Dengan begitu, Anda bisa mengurangi kontak fisik Anda dengan orang lain selama proses check in.

7. Pesan Kamar yang Sudah Kosong Selama 3 Hari

Tips staycation saat pandemi selanjutnya adalah, jangan ragu untuk booking atau request kamar yang sudah kosong selama tiga hari. 

Pasalnya, virus Corona penyebab Covid-19 bisa bertahan di permukaan benda-bena hingga lima hari. 

Untuk itu, Anda bisa meminta pihak hotel untuk mendapatkan kamar yang sudah dikosongkan selama tiga hari. 

Biasanya Anda dapat menanyakan hal ini selama proses reservasi kamar hingga 7 hari sebelum tanggal check in

8. Gunakan Layanan Kamar untuk Memesan Makanan

Untuk urusan makanan, Anda dapat memilih untuk menggunakan layanan kamar. 

Biasanya pihak hotel akan menyajikan makanan berupa buffet pada saat sarapan pagi. 

Jadi, semua tamu hotel bisa menikmati sarapan pagi di restoran hotel pada waktu yang telah ditentukan. 

Daripada berkumpul dengan banyak orang, Anda bisa memanfaatkan layanan kamar atau room service untuk meminta makanan diantarkan ke kamar Anda.

9. Buat Jadwal Beberapa Kegiatan yang Seru

Agar staycation Anda bersama keluarga terasa seperti vacation, buat setidaknya gambaran umum tentang aktivitas seru apa saja yang bisa Anda lakukan. 

Dengan begitu, waktu luang Anda bersama keluarga bisa menjadi lebih berkesan dan tidak terbuang sia-sia.

Pikirkan tentang hal-hal yang ingin Anda lakukan, hal-hal yang belum sempat Anda lakukan, dan hal-hal baru yang Anda sekeluarga minati. 

Ada banyak kegiatan seru dan mengasyikkan yang bisa dilakukan tanpa harus keluar dari tempat penginapan. 

Misalnya main game bareng, pesta barbeque, maraton film, deep talk, hunting foto di spot yang instagramable, menggunakan fasilitas facial dan spa, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips staycation saat pandemi yang penting untuk Anda dan keluarga terapkan supaya tetap menyenangkan dan aman. Baik itu sebelum maupun sesudah staycation.

Yuk, jadikan momen staycation menjadi safe-cation dengan mempraktekkan tips-tips bermanfaat di atas.
 


Latest Blog


Silahkan hubungi kami