blog

02 Jan 2023

Cara Membersihkan Plafon Mobil dengan Mudah & Murah

Setelah digunakan untuk perjalanan wisata akhir tahun yang mungkin cukup melelahkan, tentu banyak bagian mobil yang menjadi kotor dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Selain membersihkan eksterior mobil, pemilik kendaraan juga perlu memperhatikan bagian interior agar mobil kembali nyaman untuk digunakan pada aktivitas sehari-hari. 

Salah satu bagian interior yang kerap dilupakan saat membersihkan mobil adalah plafon atau langit-langit kabin. Padahal tanpa disadari, saat Anda membuka kaca mobil, secara otomatis plafon akan terkena debu dari luar dan meninggalkan kotoran dan noda yang tidak sedap dipandang. 

Plafon memang menjadi komponen yang jarang secara langsung bersentuhan dengan pengemudi dan penumpang. Hal tersebut mencegah plafon kotor akibat sentuhan tangan dengan pengemudi dan penumpang. Namun, ada banyak penyebab lain yang membuat plafon mobil cepat kotor, seperti penggunaan AC, membuka pintu dan kaca mobil. Kebiasaan merokok di dalam kabin mobil juga bisa membuat plafon kotor, berbau, bahkan menguning sehingga dapat mengurangi keindahan interior mobil Anda. 

Plafon mobil yang kurang mendapatkan perawatan juga rentan rusak, apalagi jika sering diparkir di tempat panas atau di bawah terik matahari. Untuk itulah, membersihkan plafon perlu dilakukan secara rutin demi menjaga keawetan plafon. Cara membersihkan plafon mobil juga terbilang mudah karena bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti: 

  1. Kain pembersih untuk membersihkan plafon mobil, Anda membutuhkan kain microfiber atau kain berbahan lembut dan halus agar tidak merusak serat plafon. 

  2. Siapkan air bersih tanpa dicampur dengan sabun atau detergen untuk membasuh plafon mobil. 

  3. Anda juga bisa menggunakan cairan pembersih untuk menghilangkan noda pada plafon mobil. Gunakan cairan pembersih fabric yang bisa Anda temukan di pusat perbelanjaan. 

Cara Menghilangkan Noda Membandel Pada Plafon Mobil

Permasalahan plafon mobil yang kotor bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari debu, jamur, hingga noda ringan hingga berat yang mengganggu kenyamanan saat berkendara. Berikut ini beberapa cara membersihkan plafon mobil yang efektif. 

  1. Membersihkan plafon mobil yang berdebu 

Saat membuka dan menutup jendela atau pintu mobil, ada banyak partikel debu yang masuk ke dalam kabin. Jika tidak dibersihkan, debu akan menumpuk dan membuat plafon lebih kusam. 

Cara membersihkan plafon mobil yang berdebu bisa dilakukan dengan cara menyikat tanpa menggunakan air. Sikat plafon dengan gerakan searah secara perlahan menggunakan sikat kering yang lembut. Hindari menggunakan sikat yang basar karena kotoran akan semakin menyebar. 

  1. Membersihkan plafon mobil yang berjamur

Ada beberapa peralatan yang perlu disiapkan untuk membersihkan plafon mobil yang berjamur, seperti sikat gigi, cairan pembersih, dan lap kering. Langkah pertama adalah celupkan sikat ke cairan pembersih, lalu gosokkan sikat ke plafon yang berjamur. 

Gosok secara searah jika plafon menggunakan bahan beludru atau kain lembut. Jika plafon berbahan kulit atau fabric, gosok plafon yang berjamur dengan gerakan memutar hingga bersih. Untuk membersihkan sisa cairan pembersih dengan deterjen, gunakan kain bersih atau tisu. 

  1. Membersihkan noda pada plafon mobil

Untuk membersihkan noda pekat pada plafon mobil, Anda bisa menggunakan cairan fabric yang banyak dijual di supermarket atau e-commerce. Cairan ini memang berfungsi untuk membersihkan jok dan interior mobil lainnya yang berbahan kain. 

Cara menggunakannya pun mudah. Semprotkan cairan ke seluruh plafon, lalu seka secara perlahan dengan menggunakan lap microfiber secara perlahan agar tidak merusak plafon. 

Bahan-bahan Alami untuk Membersihkan Plafon

Bahan-bahan alami yang ada di dapur memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk membersihkan interior mobil Anda. Keuntungannya, selain membersihkan debu dan kotoran, bahan-bahan ini juga mudah ditemukan. Berikut ini bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan plafon mobil berbagai jenis material. 

  1. Campuran air dan cuka

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk membuat plafon mobil lebih bersih adalah campuran air dan cuka. Gunakan air lebih banyak dengan perbandingan 3:1, lalu lap plafon yang terkena noda menggunakan kain yang sudah dicampur dengan air dan cuka. Bersihkan hingga noda benar-benar menghilang. 

  1. Minyak jeruk

Bahan-bahan alami tidak hanya bisa menghilangkan noda pada plafon, tetapi juga bau tidak sedap. Seringkali plafon yang bau disebabkan oleh kegiatan merokok di dalam mobil. Jika kabin mobil terasa bau mengganggu, semprotkan sedikit pengharum atau minyak jeruk ke plafon. Pastikan untuk tidak membuat plafon terlalu basah karena bisa membuat lem perekat di plafon menjadi rusak. 

  1. Baking soda

Baking soda sudah terkenal sebagai bahan multifungsi yang juga bisa digunakan untuk bersih-bersih, termasuk pada plafon mobil Anda. Jika plafon mobil menggunakan bahan vinyl atau plastik, baking soda bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda yang menempel. 

Campurkan empat sendok makan baking soda dengan seperempat air, lalu oleskan pada bagian yang kotor. Jika noda terlalu sulit untuk dihilangkan, Anda bisa menggunakan bubuknya langsung dengan menempelkannya langsung ke bagian yang kotor. Tunggu beberapa saat, lalu lap setelah baking soda meresap. 

Setuju bukan jika cara membersihkan plafon mobil terbilang mudah? Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa melakukan cara-cara di atas beberapa kali hingga benar-benar bersih. Jika ingin membersihkan plafon beberapa kali, pastikan untuk menunggu plafon kering lalu lanjutkan kembali prosesnya seperti di awal. Cara tersebut bisa membantu lem dan kain plafon mobil tetap terjaga kualitasnya tanpa terkelupas. 

Itulah cara membersihkan plafon mobil secara mudah dan efektif. Anda juga bisa menemukan tips perawatan mobil lainnya, baik interior maupun eksterior di blog Jennette Rent. Jennete Rent merupakan layanan sewa mobil yang memiliki cukup pengalaman dengan pilihan armada kendaraan yang beragam. Kami bekerja sama dengan bengkel rekanan profesional untuk memastikan mobil yang disewakan dalam keadaan prima.


Latest Blog


Silahkan hubungi kami