blog

26 Nov 2019

Penting! 5 Cara yang Benar Menyetir Mobil yang Aman

Penting! 5 Cara yang Benar Menyetir Mobil yang Aman

Menyetir mobil bukanlah hal yang sulit, banyak yang bisa mempelajarinya dengan sendiri tanpa harus les, dan bahkan banyak yang bisa menguasainya hanya dalam beberapa kali latihan. Tapi, selain bisa atau tidaknya mengendarai mobil, ada banyak hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berkendara, hal ini sangat penting karena berhubungan dengan keselamatan Anda sebagai pengendara, dan juga penumpang di dalam kendaraan Anda. Hal pertama yang paling penting dalam mengendarai mobil adalah soal cara menyetir mobil. Mungkin sepele, tapi hal ini sangat penting. Yuk ulas beberapa cara yang benar dalam mengendalikan setir mobil.

1. Menggunakan dua tangan

Bagi yang sudah mahir dan terbiasa menyetir seringkali lupa dengan peraturan yang satu ini dan merasa sudah bisa mengendalikan setir mobil dengan satu tangan. Padahal, bukan hanya soal mahir atau tidaknya mengendarai mobil, tapi meletakan kedua tangan berada di setir memastikan bahwa Anda memberikan konsentrasi sepenuhnya.

2. Memegang setir dengan erat

Dalam perjalanan, banyak hal yang tidak terpikirkan bisa terjadi. Jadi, untuk memastikan keamanan berkendara Anda, pastikan Anda memegang setir dengan dua tangan dan memegangnya dengan erat dan siap siaga.

3. Pegang setir di arah jarum jam 10 dan 3, atau 9 dan 2

Coba perhatikan arah jarum jam, dan cobalah mengaplikasikan untuk memegang setir Anda di arah jarum jam 10 dan 3, atau 9 dan 2 untuk alasan keseimbangan. Untuk jenis mobil terbaru dengan fitur airbag, biasanya pegang setir di arah jarum jam 9 dan 2 lebih pas.

4. Belok dengan dua tangan

Yang satu ini seringkali terjadi, berbelok dengan menggunakan satu tangan, padahal Anda harus selalu meletakan kedua tangan di kendali. Walaupun belok, pastikan Anda berbelok dengan dua tangan juga.

5. Mata tertuju pada jalanan

Walaupun selama perjalanan Anda mengobrol dengan penumpang, pastikan mata Anda selalu tertuju pada jalanan. Hal ini sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Yuk selalu pastikan perjalanan Anda aman!

Sumber foto: pexels.com


Latest Blog