blog

07 Mar 2023

Rental Mobil Jakarta Bagi Pendatang: Tips dan Informasi yang Harus Diketahui

Rental Mobil Jakarta Bagi Pendatang: Tips dan Informasi yang Harus Diketahui

Jika Anda berencana mengunjungi Jakarta atau membutuhkan mobil untuk keperluan bisnis maupun pribadi di kota ini, merental mobil bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, sebagai pendatang Anda sudah pasti belum mengetahui seluk beluk kondisi transportasi umum di Jakarta. 

Kecuali jika Anda sudah sering berkunjung ke Jakarta atau memiliki rekan yang hafal betul jalanan Jakarta. Namun, jika Anda benar-benar belum berpengalaman di Kota ini maka solusi yang tepat adalah menggunakan layanan rental kendaraan.

Menyewa mobil di Jakarta memang bisa menjadi alternatif bagi kebutuhan mobilitas Anda. Akan tetapi, sebelum memutuskan untuk menyewa mobil di Jakarta, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah tips dan informasi penting tentang Rental mobil Jakarta.

1. Menentukan Terlebih Dahulu Tujuan Perjalanannya 

Hal pertama yang paling penting adalah menentukan tujuan perjalanan Anda. Kedatangan Anda ke Jakarta harus jelas untuk apa dan akan kemana. Misalnya saja perjalanan Anda untuk berlibur, maka kebutuhan rental mobil untuk pribadi atau perorangan. 

Berbeda jika Anda memerlukan kendaraan untuk perjalanan dinas atau untuk kebutuhan perusahaan lainnya. Maka, nantinya Anda dapat memilih rental mobil Jakarta untuk perusahaan. Nah, jika sudah pasti apa tujuan Anda di Jakarta maka akan lebih mudah untuk mencari tempat rental mobilnya. 

2. Pilih Perusahaan Penyewaan Mobil yang Terpercaya

Layanan rental mobil di Jakarta sudah sangat banyak. Anda dapat menemukan di hampir semua lokasi yang ada di Jakarta. Mobilitas yang tinggi menjadikan peluang usaha dibidang jasa rental mobil semakin tinggi pula. 

Namun, sebagai seorang pendatang yang notabene nya belum memiliki pengalaman dalam menggunakan jasa rental mobil. Sebaiknya Anda perlu berhati-hati dalam memilih perusahaan penyewaan mobil. 

Pastikan perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik dan telah beroperasi selama beberapa tahun. Perusahaan yang terpercaya biasanya memiliki banyak pilihan mobil yang disewakan dan menawarkan harga yang wajar. Cari Referensi mengenai rental mobil Jakarta melalui mesin pencari google atau menanyakan kepada kerabat dan rekan Anda. 

3. Persiapkan Dokumen dan Cek harga Sewa Mobil

Layanan rental mobil biasanya akan memberikan persyaratan dokumen yang harus dilengkapi oleh customernya. Sehingga, penting untuk Anda memeriksa dokumen apa saja yang harus disiapkan jika ingin menggunakan jasa rental mobil. Dokumen persyaratan biasanya tidak terlalu banyak, dan secara umum sama saja antar perusahaan rental. 

Kemudian, cek juga pricelist harga sewa yang akan dikenakan untuk setiap jenis kendaraannya. Barulah tentukan pilihan Anda sesuai budget yang dimiliki. Tanyakan langsung pada customer service nya apabila price list tidak tersedia di halaman websitenya. Pastikan Anda memahami semua biaya sewa mobil, seperti biaya asuransi, biaya pengemudi tambahan, dan biaya bahan bakar

4. Periksa Dokumen Kelengkapan Kendaraan

Pada saat memilih mobil yang akan di rental, sebaiknya Anda selalu melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen mobil yang akan di rental. Periksa surat-surat mobil, seperti STNK dan BPKB. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya penipuan jasa rental mobil. 

Perusahaan layanan rental mobil yang terpercaya tentu akan memberikan kendaraan dengan dokumen yang lengkap. Pasalnya, keamanan customer sangat penting dan akan diutamakan oleh perusahaan. 

5. Periksa Kondisi Mobil Sebelum Menyewa

Sebelum menyewa mobil, pastikan untuk memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu. Periksa apakah mobil tersebut dalam kondisi baik atau tidak, termasuk mesin, kelistrikan, dan kaca mobil. Pastikan juga untuk mencatat setiap kerusakan atau cacat pada mobil sebelum Anda merentalnya.

Sebagai antisipasi, Anda harus datang langsung ke lokasi rental mobilnya. Jadi, sebelum memilih mobil Anda bisa melihat-lihat mana mobil yang Anda butuhkan dan apakah kondisinya bagus atau tidak.

6. Pilih Jenis Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan 

Pilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan hanya memilih mobil yang terlihat bagus atau mewah, tetapi pertimbangkan juga ukuran mobil dan kapasitas penumpangnya. 

Pastikan mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya jika Anda akan mengangkut barang atau keluarga yang banyak. Maka, gunakan mobil dengan jenis dan ukuran yang besar agar tidak melebihi muatan. .

7. Pesan Mobil dari Jauh-Jauh Hari 

Tips selanjutnya yaitu Anda perlu memesan rental mobil dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan mobil yang Anda inginkan. Perusahaan layanan rental mobil juga biasanya sudah menentukan batas waktu pemesanan. 

Meskipun berbeda-beda, tetapi umumnya batas pemesanan rental mobil di Jakarta yaitu sebelum hari H penggunaan. Jika tidak sempat mendatangi lokasi penyewaan, Anda dapat memesan mobil dengan mudah dan praktis secara online.

8. Perhatikan Batas Waktu Pengembalian Mobil

Pastikan Anda memahami batas waktu pengembalian mobil agar tidak terjadi keterlambatan pengembalian. Beberapa perusahaan penyewaan mobil memiliki ketentuan pengembalian mobil pada jam tertentu, sehingga pastikan Anda mengembalikan mobil tepat waktu. 

Apabila ada keterlambatan dalam pengembalian, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan. Biaya yang akan dikenakan berbeda-beda tergantung kebijakan setiap perusahaan.

9. Pastikan Mobil Dikembalikan Dalam Kondisi Baik

Sebelum mengembalikan mobil yang Anda rental, pastikan mobil tersebut dalam kondisi baik seperti sebelumnya. Mobil juga harus dalam keadaan bersih dan tidak ada kerusakan baru yang terjadi. Hal ini akan membantu Anda menghindari biaya tambahan yang mungkin dikenakan oleh perusahaan penyewaan mobil.

Menggunakan layanan rental mobil Jakarta dapat menjadi pilihan yang tepat untuk keperluan bisnis atau pribadi saat datang ke Jakarta. Dengan mengikuti tips dan informasi penting di atas, Anda dapat menyewa mobil dengan aman dan nyaman di Jakarta. Selamat mencoba!


Latest Blog


Silahkan hubungi kami