blog

13 Apr 2020

Tips Aman Berkendara Saat Pandemi

Tips Aman Berkendara Saat Pandemi

Penerapan social distancing sudah diberlakukan dan diaplikasikan di berbagai daerah dan tempat. Lalu, bagaimana soal social distancing saat berkendara? Bagaimana cara berkendara dengan aman dan nyaman selama pandemi masih berlangsung?

Selama pandemi masih mewabah, setiap orang disarankan untuk berkegiatan dari rumah, mulai dari belajar dan bekerja. Namun sayangnya, untuk sebagian orang masih tetap harus bepergian ke luar rumah. Untuk itu, yuk simak cara berkendara dengan aman dan tips social distancing di mobil selama pandemi.

Cuci tangan sebelum dan sesudah berkendara

Untuk menjaga kebersihan mobil, usahakan untuk selalu cuci tangan sebelum masuk ke mobil, dan mencucinya kembali setelah keluar dari mobil. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan hand sanitizer.

Terlebih lagi saat Anda menggunakan jasa rental mobil, pastikan Anda menyemprotkan disinfektan ke mobil tersebut sebelum Anda menggunakannya untuk menghindari penyebaran. Begitu juga sebaliknya, setelah menggunakan sewa mobil tersebut, semprotkan kembali disinfektan.

Hindari menumpangi orang lain

Baik itu rekan kerja, ataupun orang lain yang dekat dengan Anda, usahakan tidak menumpangi orang lain ke dalam mobil Anda. Mobil memiliki ruang lingkup yang sangat kecil, sirkulasi udara di dalamnya pun juga sangat terbatas dan bisa menjadi tempat bertukar kuman dan virus.

Gunakan AC, kurangi membuka kaca

Selain mengurangi asap kendaraan masuk ke dalam mobil Anda, menggunakan AC juga lebih aman untuk meminimalisir interaksi Anda dengan lingkungan luar dan juga debu jalanan.

Gunakan sarung tangan

Jika perjalanan Anda harus menggunakan rute jalan tol, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan. Hal ini berfungsi saat Anda menempelkan kartu tol yang bisa menjadi sumber pertukaran penyakit dan virus. Namun, jika Anda menggunakan tongkat tol, usahakan untuk menyemprotkan disinfektan ke tongkat dan kartu tol Anda setelahnya.

Gunakan masker jika berhubungan dengan orang lain

Mengambil tiket parkir? Atau membayar parkir? Pasti Anda akan berinteraksi dengan petugas parkir tersebut. Untuk menghindari pertukaran droplet dan virus, usahakan untuk tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. Supaya lebih aman, Anda juga bisa menggunakan sarung tangan saat sedang bertransaksi.

Nah, itu dia beberapa tips social distancing dan aman berkendara selama pandemi yang harus Anda perhatikan. Sebaiknya, jika tidak penting, tetaplah di rumah saja untuk meminimalisir penyebaran.

Jika Anda membutuhkan jasa rental mobil atau sewa mobil, kunjungi laman Rent Jennete. Selain sewa mobil, Rent Jennete juga menawarkan rental motor yang bisa digunakan sebagai alternatif transportasi Anda. Meskipun sewa mobil atau rental mobil lebih aman dan mudah di Rent Jennete, namun ada baiknya untuk tetap berada di rumah untuk meminimalisir interaksi, seperti yang juga sudah dihimbau oleh pemerintah. 

Sumber foto: pexels.com


Latest Blog