blog

14 Jul 2022

Tips Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Mobil Bersama Anak-anak

Tips Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Mobil Bersama Anak-anak

Jika Anda saat ini memiliki rencana untuk bepergian jarak jauh menggunakan mobil bersama anak-anak, maka terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Dengan memahami beberapa tips yang akan kami sampaikan pada artikel berikut, perjalanan bersama anak-anak bisa terasa lebih nyaman, aman, dan menyenangkan.

Mobil memang menjadi salah satu kendaraan yang dipilih oleh banyak orang tua ketika mereka harus bepergian jarak jauh bersama anak-anaknya. Jika dibandingkan dengan motor atau alat transportasi lainnya, memilih mobil sebagai sarana transportasi untuk bepergian memiliki beberapa keunggulan, contohnya seperti:

  • anak bisa terlindung dari panas maupun hujan

  • anak bisa beristirahat atau tidur di dalam kabin dengan nyaman¬†

  • tidak perlu merasa khawatir dan takut mengganggu penumpang yang lain jika anak rewel atau menangis

  • dapat bebas bercengkrama atau bercanda bersama anak selama di perjalanan

  • dan lain-lain.

Meskipun bepergian jarak jauh menggunakan mobil bersama anak-anak menawarkan banyak kelebihan, namun Anda tetap membutuhkan berbagai persiapan. Hal ini diperlukan agar anak tidak jenuh dan bisa tetap merasa nyaman untuk duduk di car seat dalam jangka waktu yang relatif lama. Silakan simak beberapa tips berikut agar perjalanan Anda bisa terasa menyenangkan.

Tips Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Mobil Bersama Anak-anak

1. Gunakan jenis mobil yang sesuai kebutuhan

Jika Anda menggunakan layanan rental mobil untuk bepergian, maka pastikan Anda memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Perlu Anda ingat, saat bepergian bersama anak biasanya Anda akan membawa banyak barang bawaan, contohnya seperti mainan anak, makanan, minuman, obat-obatan, pakaian, stroller, dan perlengkapan anak lainnya. Oleh sebab itu, pertimbangkan untuk menyewa mobil yang memiliki kabin lega serta bagasi luas contohnya seperti mobil-mobil dengan model MPV.

Mobil MPV memang sengaja didesain sebagai mobil keluarga serbaguna. Mobil ini juga bisa diandalkan apabila Anda membutuhkan kendaraan dengan bagasi yang lapang. Selain itu, jika ternyata bagasi utama yang tersedia masih kurang luas, maka Anda bisa melipat kursi paling belakang untuk dapat menambah ruang bagasi dan menyimpan berbagai barang bawaan. Mobil MPV juga memiliki performa yang cukup tangguh untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh. Dan yang tidak kalah penting, konsumsi bahan bakar mobil-mobil MPV umumnya terbilang cukup irit jika dibandingkan dengan kapasitas penumpang dan barang yang cukup banyak. Dengan demikian, Anda dan keluarga bisa merasa lebih nyaman selama di perjalanan.

2. Cek kondisi mobil sebelum berangkat

Pastikan Anda memeriksa kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan jauh. Sebelum tanggal keberangkatan, Anda bisa membawanya ke bengkel untuk memastikan bahwa mobil benar-benar dalam kondisi yang prima baik dari sisi mesin, oli, rem, ban, atau bagian mobil yang lain. Pemeriksaan kondisi mobil ini wajib dilakukan agar Anda dan anak-anak bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berada dalam perjalanan.

3. Lakukan perjalanan di waktu sore jika memungkinkan

Apabila memungkinkan, Anda bisa mulai melaksanakan perjalanan jauh pada waktu sore atau malam hari. Dengan cara ini, anak bisa terhindar dari rasa jenuh karena sebagian besar waktunya akan digunakan untuk tidur di mobil.

Nah, apabila Anda merasa tidak fokus jika harus mengendarai mobil di malam hari, Anda bisa menggunakan layanan sewa mobil plus driver. Dengan begitu, Anda dan anak-anak bisa beristirahat selama perjalanan. 

4. Persiapkan car seat

Ketika bepergian jarak jauh menggunakan mobil bersama anak-anak, Anda tidak boleh melupakan car seat. Kursi khusus ini akan membantu memastikan bahwa anak-anak bisa duduk dengan aman di dalam mobil.

Perlu Anda ketahui, penggunaan car seat harus disesuaikan dengan usia, ukuran, dan kebutuhan perkembangan anak. Jadi, pilih jenis car seat yang paling sesuai dan nyaman untuk digunakan oleh anak Anda. Jangan memilih sembarang car seat karena jenis sandaran atau pengaturan kursi bisa berbeda-beda untuk setiap anak.

5. Ambil jeda waktu untuk beristirahat 

Agar Anda dan anak-anak tidak merasa kelelahan selama perjalanan, maka sebaiknya Anda mengatur waktu untuk beristirahat secara berkala. Pemerintah dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan juga sudah mengatur bahwa pengemudi kendaraan bermotor wajib untuk beristirahat setelah berkendara selama 4 jam berturut-turut. Oleh sebab itu, setiap 3 sampai 4 jam sekali usahakan agar Anda bisa berhenti atau mencari rest area meskipun hanya untuk sekedar meregangkan tubuh.

Apabila Anda mengambil waktu istirahat yang cukup lama, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk melakukan gerakan peregangan agar tubuh bisa terasa lebih segar. Anda juga bisa memberikan sedikit waktu agar anak bergerak aktif sebelum mereka masuk lagi ke dalam mobil untuk meneruskan perjalanan.

6. Persiapkan berbagai kebutuhan anak

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga memiliki beragam perlengkapan yang harus dibawa ketika bepergian jauh. Jadi, persiapkan barang-barang penting yang perlu dibawa kemudian susun sesuai dengan tingkat prioritasnya. Barang-barang seperti susu, pampers, tisu basah, snack, obat-obatan, atau mainan sebaiknya diletakkan di tempat yang mudah untuk dijangkau.

7. Siapkan permainan yang disukai anak

Mempersiapkan permainan juga menjadi tips penting saat bepergian jarak jauh menggunakan mobil bersama anak-anak. Sebaiknya mainan yang Anda bawa bukan mainan yang mudah tercerai-berai seperti balok atau lego. Sebagai gantinya, bawakan jenis permainan yang lebih compact seperti boneka atau mobil-mobilan.

Selain itu, agar anak tidak merasa bosan, penumpang atau anggota keluarga lain yang berada di dalam mobil juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain bersama. Contohnya seperti dengan membacakan buku cerita, bernyanyi bersama, bermain tebak gambar, dan lain-lain.

8. Utamakan keselamatan

Saat bepergian, penting untuk selalu mengutamakan keselamatan. Beberapa pengemudi mungkin merasa terburu-buru karena ingin bisa cepat sampai di lokasi yang dituju. Hal tersebut tentu dapat membahayakan diri sendiri, anak-anak, ataupun pengguna jalan raya yang lain. Oleh sebab itu, saat berkendara Anda tetap harus mengutamakan keselamatan seperti dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mengambil waktu untuk beristirahat, memastikan kondisi tubuh dalam keadaan yang prima saat mengemudi, dan lain-lain.

Beberapa tips di atas bisa Anda coba agar perjalanan bersama anak-anak bisa terasa lebih menyenangkan. Apabila Anda membutuhkan layanan rental mobil yang profesional serta menyediakan unit mobil dengan kondisi yang prima, Anda bisa mengandalkan Jennete Rent.

Jennete Rent saat ini juga menyediakan beragam merek mobil yang bisa Anda gunakan dengan nyaman bersama keluarga. Selain itu, kami juga selalu memberikan perawatan berkala sehingga mobil yang Anda sewa bisa dipastikan memiliki performa yang tangguh, bersih, dan wangi. Silakan hubungi kami sekarang juga, atau lakukan reservasi di sini untuk bisa menggunakan layanan rental mobil di Jennete Rent.


Latest Blog


Silahkan hubungi kami