blog

21 Jul 2020

Tips Hemat Bahan Bakar Saat Berkendara

Tips Hemat Bahan Bakar Saat Berkendara

Bahan bakar merupakan salah satu pengeluaran yang cukup besar untuk kebutuhan sehari-hari, baik berkendara dengan kendaraan pribadi, maupun berkendara dengan menggunakan sewa mobil. Nah, berikut ini Rent Jennete akan memberikan beberapa tips yang bisa diikuti supaya hemat bahan bakar saat berkendara.

1. Pilih mobil yang hemat bahan bakar

Jika Anda berniat untuk membeli mobil, selain bentuk, harga dan model, perhatikan juga kebutuhan bahan bakarnya. Terlebih lagi untuk penggunaan sehari-hari dan penggunaan jarak jauh, pilihlah mobil yang hemat bahan bakar. Ini juga bisa diaplikasikan saat sewa mobil. Sewa mobil Toyota Ignis bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mobil yang hemat bahan bakar.

2. Hindari rem mendadak

Saat berkendara, hindari pengereman mendadak yang menghabiskan energi lebih. Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan selalu menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda. 

3. Matikan mesin bila tidak diperlukan

Jika Anda berhenti lebih dari 60 detik, usahakan untuk mematikan mesin mobil. Misalnya, saat berhenti menunggu pesanan makanan drive thru, atau sedang berhenti membeli camilan di minimarket, usahakan untuk mematikan mesin. 

4. Gunakan AC terutama saat kecepatan tinggi

Berkendara tanpa menggunakan AC tidak selalu membuat bahan bakar lebih hemat, justru saat Anda berkecepatan tinggi, menggunakan AC akan lebih hemat daripada membuka jendela karena adanya hambatan aerodinamis. 

5. Parkir di tempat teduh

Memilih tempat parkir bukan hanya soal pertimbangan panas matahari yang merusak cat atau masuk ke dalam mobil, namun juga bahan bakar. Memarkir kendaraan di tempat panas akan membuat bahan bakar mudah menguap.

6. Matikan AC sebelum mematikan mobil

Setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda saat mematikan mesin mobil. Untuk menjaga kehematan bahan bakar, usahakan untuk mematikan AC sebelum mematikan mobil.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjaga bahan bakar agar tetap hemat. 

Jika Anda membutuhkan jasa rental mobil atau sewa mobil, kunjungi laman Rent Jennete. Selain sewa mobil, Rent Jennete juga menawarkan rental motor yang bisa digunakan sebagai alternatif transportasi Anda.  

Sumber foto: pexels.com


Latest Blog